P2AB 2019

Pada tanggal 19, 20, 26 dan 27 Oktober 2019 Pendidikan Matematika melaksanakan P2AB yaitu Pembinaan dan Pengembangan Anggota Baru yang bertema “Membentuk Insan yang Bermoral, Berintelektual, dan Kritis melalui Pendidikan Karakter dalam Kegiatan Pembinaan dan Pengembangan Anggota Baru Menuju Generasi yang Berkualitas”.

Tanggal tersebut merupakan tanggal pelaksanaan P2AB di Kampus Jember dan Kampus Bondowoso, tanggal 19, 26, dan 27 dilaksanakan di Jember sedangkan tanggal 20 dilaksanakan di Bondowoso.

Dimulai dari hari pertama hingga hari terakhir P2AB, mahasiawa baru diwajibkan datang tepat waktu yakni jam 06.00 untuk melatih kedisiplinan mereka. Dimulai dengan checking peserta yaitu pemeriksaan kelengkapan dari MABA.

Untuk hari pertama P2AB di Kampus Jember pada tanggal 19 Oktober diikuti oleh seluruh mahasiswa baru angkatan 2019. Acara yang dilaksanakan yaitu Opening Ceremony, kemudian sarapan pagi dan dilanjutkan dengan pengisian Materi. Materi 1 “Etika Mahasiswa” yang disampaikan oleh Frenza Fairuz Firmansyah S.Pd. Materi 2 “Plagiarisme” disampaikan oleh P.Ridho. materi 3 “Pengenalan Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Mathematics Students Club (MSC)” yang disampaikan oleh Pengurus MSC 2019. Materi 4 “IKAHIMATIKA” yang disampaikan oleh beberapa kakak-kakak dari IKAHIMATIKA. Selanjutnya yaitu pengisian angket dari MABA untuk memilih bidang dan departemen didalam MSC. Untuk materi terakhir yaitu materi 5 “Pengenalan SC dan DP” disampaikan oleh Steering Committe. Setelah penyampaian materi usai dilanjutkan dengan evaluasi panitia, yaitu pengarahan dari komisi disiplin mengenai kesalahan-kesalahan dari MABA yang masih terjadi selama P2AB berlangsung. Acara P2AB hari pertama selesai setelah evaluasi peserta.

Hari kedua Minggu, 20 Oktober 2019 P2AB dilaksanakan di Kampus Bondowoso dan diikuti oleh MABA Kampus Bondowoso, acara yang pertama yaitu checking peserta, kemudian apel pagi, senam pagi setelah itu dilanjutkan dengan outbond. Setelah outbond selesai tibalah acara yang ditunggu-tunggu oleh MABA Kampus Bondowoso yaitu Showcase dengan penampilan yel-yel selama 1,5-2 menit dan dilanjutkan drama dengan tema Disney yang diberikan waktu selama 10 menit. Penampilan seluruh peserta mengambil cerita Disney antara lain Thinker Belle, Tarzan, dan Jack the Giant Slayer. Setelah semua kelompok menampilkan showcase kemudian dilanjutkan komentar dari beberapa juri yaitu Eka Aprilia, Yufrida Septi Nindya, dan Rezqy Ayu. Showcase usai peserta diarahkan sholat kemudian evaluasi peserta, setelah evaluasi, peserta diperkenankan pulang.

Hari Ketiga 26 Oktober 2019, P2AB dilaksanakan di Kampus Jember dan diikuti oleh MABA 2019 Kampus Jember, acaranya yaitu sama seperti hari kedua di Kampus Bondowoso namun setelah outbond tidak dilanjutkan dengan showcase seperti di Kampus Bondowoso karena MABA Kampus Unej lebih banyak dan menghabiskan waktu yang cukup lama untuk outbond.

Pada saat Outbond peserta diarahkan untuk menuju ke beberapa pos, pos pertama yaitu Pos Pengurus Inti MSC 2019, kemudian dilanjutkan dengan pos kedua yaitu Pos Bidang 1, pos ketiga yaitu Pos Bidang 2, pos keempat yaitu Pos Bidang 3, pos kelima yaitu Pos Bidang 4 dan alat peraga, pos keenam yaitu Pos Games serta pos terakhir pos 7 yaitu Pos Steering Commitee

Hari keempat, 27 Oktober 2019 yakni hari terakhir P2AB. P2AB pada hari ini diikuti oleh seluruh MABA Pendidikan Matematika baik dari Kampus Jember dan Kampus Bondowoso. Acara pada hari keempat ini yaitu penyampaian materi mengenai “Pengenalan Prodi Pendidikan Matematika” yang disampaikan oleh Ibu Susi Setiawani S.Si., M.Sc. selaku Kaprodi Pendidikan Matematika. Setelah penyampaian materi selesai, tibalah pada acara Showcase yang telah disiapkan jauh-jauh hari sebelumnya dengan banyak latihan ekstra. Untuk peraturan mengenai showcase Kampus Jember sama halnya dengan peraturan di Kampus Bondowoso, serta temanya pun sama yaitu Disney. Cerita Disney yang diambil untuk ditampilkan antara lain Snow White, Aladdin, Frozen, Cinderella, Pinokio, Si Kerudung Merah, Brave, The Prince and the Frog, Mulan, Peterpen. Para peserta sangat antusias melihat teman-temannya sendiri bergaya dan berakting di panggung. Mereka saling memberikan support meskipun mereka tahu bahwa temannya sendiri adalah saingan mereka. Setelah Showcase usai dilakukan gladi pelantikan anggota baru MSC (Unej dan BWS). Kemudian dilanjutkan dengan penjelaan komdis, atau ucapan permintaan maaf dari komdis karena telah mengingatkan peserta didik dengan cara yang tegas dan lugas. Setelah evalusai komdis selanjutnya yaitu “Pengenalan Budaya Keempat” yang ditampilkan oleh pengurus MSC kemudian dilanjut dengan judul lagu “Ceria”. Setelah itu pengumuman juara showcase dan nominasi MABA. diantaranya adalah Juara 1 showcase diraih oleh kelompok Biimplikasi, Juara 2 showcase diraih oleh kelompok Irisan, dan Juara 3 showcase diraih oleh kelompok Negasi, Kelompok Terunik diraih oleh kelompok Subset, Kelompok Tergokil diraih oleh kelompok Komplemen, Kelompok Terkece diraih oleh kelompok Superset, Kelompok Terheboh diraih oleh kelompok Disjungsi, Kelompok Terdisiplin diraih oleh kelompok Implikasi, Kelompok Terkreatif diraih oleh kelompok Konjungsi, Kelompok Teraktif diraih oleh kelompok Gabungan, Kelompok Terkompak diraih oleh kelompok Elemen, Kelompok Terajin diraih oleh kelompok Konklusi, Kelompok Terfavorit diraih oleh kelompok Ekuivalen, Kelompok Terbaik diraih oleh kelompok Konklusi. Penyerahan awards kepada peserta terbaik 2019 yaitu Rezi Yus Elisa (190210101002) dan Alvian Bagus Agatha (190210101117). Setelah pengumuman tersebut P2AB 2019 telah usai peserta diperkenankan pulang.