Coming Soon Seminar Nasional 2019

Coming Soon Seminar Nasional 2019

Hallo seluruh matematikawan Indonesia👋🏻👋🏻👋🏻
[[ COMING SOON ]]
Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Mathematics Students Club (MSC) FKIP Universitas Jember mempersembahkan
Seminar Nasional Matematika dan Pembelajarannya 2019

More information!
🔎 fb: facebook.com/semnasmsc
📥 web: matematika.fkip.unej.ac.id
📩 email: seminarnasionalmsc@gmail.com
📲 ig: @mscunej_jember

Contact Person:
📞 Azizi (082234501453)
📞 Egha (082333208585)
📞 Setya (087701975249)

Open Talk (OT)

Open Talk (OT)

Sabtu, 23 Maret 2019 Bidang 1 Mathematics Students Club (MSC) mengadakan kegiatan Open Talk dengan tema “Merajut Kebersamaan, Eratkan Genggaman untuk Pendidikan Matematika yang Membanggakan”. Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya. “Open Talk diperlukan oleh mahasiswa untuk menyampaikan keluh kesah dan uneg-uneg mengenai perkuliahan kepada dosen. Tetapi sebaiknya disampaikan dengan santun karena anda adalah mahasiswa”, kata Ibu Susi Setiawani, S.Si., M.Sc. Ketua Program Studi S1 Pendidikan Matematika saat memberikan sambutan.

Kegiatan ini bertujuan untuk menampung keluhan, masalah mahasiswa tentang perkuliahan. Juga sebagai ajang silaturahmi. Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan dapat menjadi penghubung, serta sarana berkomunikasi yang baik antara mahasiswa dengan dosen.

ISTIGHOSAH BERSAMA (ISMA)

ISTIGHOSAH BERSAMA (ISMA)

Assalamualaikum wr. wb. wahai akhi dan ukhti semua. Semoga kita masih diberi limpahan rahmat dan hidayah-Nya. Kali ini MSC khususnya bidang 3 kerohanian menyelenggarakan Istighosah Bersama (ISMA) tepatnya pada hari Jumat, 15 Maret 2019 pukul 18.30-21.00 WIB kemarin, yang bertempat di Gedung  III FKIP ruang 35E 101 dan 102 dengan tema “Membangun Insan Cerdas yang Beriman dan Berakhlakul Karimah Melalui Istighosah Bersama MSC”.

ISMA merupakan program kerja yang dilaksanakan secara rutin selama 1 periode jabatan sebanyak 2 kali kajian, yaitu awal semester genap dan awal semester ganjil yang bertujuan untuk mempersiapkan mental mahasiswa sebelum menghadapi perkuliahan sekaligus ujian dengan melakukan istighosah dan doa bersama agar diberi kemudahan saat melaksanakan aktivitas perkuliahan dan ujian, serta sebagai penguat iman dan taqwa dengan melakukan pengkajian terhadap kehidupan sehari-hari yang berpedoman pada sumber-sumber islami dan menambah motivasi melalui tausiyah.

Acara ini berjalan dengan sangat khidmat dengan dihadiri oleh seluruh  anggota MSC angkatan 2018 dan perwakilan dari angkatan 2016 , 2017 serta dihadiri oleh Bapak Saddam Hussen S.Pd., M.Pd. selaku Pembina bidang 3.

Untuk acara yang pertama yaitu ‘Sholat Isya’ Berjamaah’ yang di imami oleh bapak Saddam Husein dilanjutkan acara kedua yaitu ‘Pembukaan’ oleh pembawa acara Budi Wahyu Agung Pramana.

Kemudian acara yang ketiga yaitu pembacaan surah yasiin yang dipandu oleh Uways Alqorni dan diikuti oleh semua peserta. selanjutnya masuk kepada acara inti yaitu ‘Dzikir Istighosah’ yang dipimpin oleh bapak Saddam, para peserta membaca do’a istighosah dari lembaran yang telah dibagikan oleh panitia.

Acara selanjutnya ialah penyampaian tausiah oleh Muhammad Zainul Arifin yang membahas tentang konsep iman, akhlak, dan menuntut ilmu.

“seseorang yang beriman kepada Allah swt. ialah mereka yang percaya bahwa Allah swt. itu ada. Ibarat kita percaya bahwa didalam segelas susu itu terkandung berbagai kandungan gizi. Kita memang tidak bisa melihat dengan panca indra normal namun kita dapat mengetahuinya melalui pembuktian atau penelitian uji laboratorium. Persis seperti kita yakin atau percaya akan adanya Allah swt. melalui pembuktian atau tanda-tanda kebesaran Allah swt.”

“salah satu cara agar kita menjadi pribadi yang baik yaitu dengan mencontoh akhlakul karimah Rasulullah saw, yang berpedoman pada 4 sifat Rasululullah saw yaitu Shiddiq (benar), Tabligh (menyampaikan), Amanah (dapat dipercaya), Fathonah (cerdas). jika kita ingin mengingatkan orang lain untuk berbuat baik, maka kita harus mengawali suatu yang baik itu dari diri kita sendiri”

“menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim, menuntut ilmu dapat memperoleh amal jariah serta akan bermanfaat bagi pemiliknya meskipun ia telah meninggal, orang yang berilmu akan diangkat derajatnya oleh Allah swt. bahkan seorang yang mengajarkan kebaikan dengan ilmunya akan dimohonkan ampun oleh makhluk yang ada di langit maupun di bumi hingga ikan yang berada di air”

 Seperti itulah kiranya pemaparan materi tausiayah dari Muhammad Zainul Arifin.

Acara terakhir yaitu penutup oleh MC dan diakhiri dengan do’a bersama yang dipimpin oleh Bapak Saddam Hussen.

“Setelah mengikuti acara istighosah bersama ini hati saya lebih dingin dan tentram, serta saya mempunyai motivasi yang kuat untuk menuntut ilmu, selain itu saya juga banyak mendapatkan pelajaran-pelajaran islami dari tausiyah yang disampaikan” tutur Della salah satu peserta ISMA.

Meeting Wisata 2018

Meeting Wisata 2018

Meeting Wisata merupakan salah satu program kerja dari bidang II yang bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan antar warga MSC sesuai dengan temanya yaitu “Build a strong bound to complete our togetherness”. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 10-11 November 2018 di Pulau Merah Banyuwangi.

Acara Meeting Wisata hari pertama dilaksanakan pada hari Sabtu, 10 November 2018. Peserta berkumpul di depan gedung 3 FKIP. Saat di perjalanan ada salah satu bis yang mogok dan akhirnya berhenti untuk menunggu bis pengganti, jadi tiba di Pulau Merah pada malam hari. Setelah sampai, peserta dan panitia mendirikan tenda. Saat pemasangan tenda hampir selesai ada salah satu tenda yang bermasalah dan panitia dan peserta bekerja sama dalam membangun tenda tersebut. Hujan yang awalnya hanya gerimis menjadi semakin lebat yang menyebabkan acara yang diganti, awalnya makan bersama di dekat pantai menjadi makan di dalam tenda masing – masing.

Selanjutnya persiapan hiburan, setelah acara makan selesai, peserta dan panitia diarahkan menuju tempat acara inti akan berlangsung. Sekitar pukul 21.30 WIB, pembukaan acara oleh MC yaitu saudari Nur Izzatun Nisa Liliyan dan saudara Vahad Agil Liyandri. Acara selanjutnya adalah sambutan-sambutan, sambutan yang pertama disampaikan oleh saudara Feby Suryandana selaku ketua panitia, sambutan kedua disampaikan oleh saudari selaku Sekertaris Umum MSC, Karena Ketua Umum MSC tidak dapat ikut dalam acara ini, maka akan diwakilkan oleh Sekertaris Umum, selanjutnya dilakukan pembukaan acara Meeting Wisata dengan penghidupan api unggun oleh Sekertaris Umum MSC.

Setelah acara pembukaan selesai, diadakan acara hiburan api unggun yang diikuti oleh semua panitia dan peserta. Dalam acara hiburan tersebut dipandu oleh MC yaitu saudari Nur Izzatun Nisa Liliyan dan saudara Vahad Agil Liyandri. Dalam acara tersebut terdapat penampilan dari setiap angkatan. Angkatan 2018 menampilkan akustik yang diikuti oleh semua panitia dan peserta yang ada di tempat acara, angkatan 2017 menampilkan akustik oleh perwakilan dari angkatan 2017 yang mengikuti meeting wisata, yang terakhir dari angkatan 2016 menampilkan puisi, akustik dan beat box oleh saudara Theriq Aziz Al Husein, Mohammad dan Rakha Dhiya D.

Pada hari Minggu, 11 November 2018 pagi, panitia dan peserta melakukan senam pagi di tepi pantai yang dipimpin oleh Annisa Nurul Pratiwi dan Indah Riski Hikmawati. Setelah melakukan senam pagi, acara selanjutnya adalah outbond. Dalam outbond terdapat berbagai permainan, yaitu estafet air, menara air dan sepak bola sarung campuran. Acara ini dengan foto bersama di depan tulisan pulau merah.

 

  • unej1 sister elearning