Pelatihan Karya Tulis Ilmiah (PKTI)

Pelatihan Karya Tulis Ilmiah (PKTI)

Pelatihan Karya Tulis Ilmiah merupakan salah satu program kerja dari bidang IV yang bertujuan untuk melatih mahasiswa baru, yaitu angkatan 2018 dalam menulis karya tulis ilmiah. Tema PKTI kali ini yaitu “Crate, Develop, and Expose Your Inovation Toward a Great Indonesia trought Writing”. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 25 November 2018 di Aula Lantai 3 Gedung H FKIP Universitas Jember.

Acara dimulai oleh MC yaitu Aprilia Dwi Safitri dan Aditya Wahyu Kurniawan. Selanjutnya yaitu menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan dirijen Siti Khoirunnisa dan dilanjutkan dengan tilawatil Qur’an oleh Syahril Maghfiro dan M. Yusuf Rahmatullah. Setelah itu sambutan-sambutan. Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan penampilan budaya ke-4 MSC (Mars MSC) oleh kresnamusika yang emudian dilanjutkan oleh kresnatama yang membawa tarian bernama Tari Lah Bako.

Selanjutnya acara inti yaitu penyampaian materi pertama yaitu oleh Prof. Drs. Slamin, M.Comp.Sc., Ph.D. Penyampaian materi pertama dipimpin oleh moderator Kholada Sa’diyah dan notulen yaitu Etik Wulan Sagita. Materi pertama mengenai Penggalian Ide Karya Tulis Ilmiah. Setelah pemaparan materi, dua kelompok peserta diminta untuk mempresentasikan hasil rancangan idenya, lalu ditanggapi oleh pemateri pertama. Lalu dilanjutkan oleh penyerahan doorprize oleh pemateri pertama. Acara selanjutnya yaitu hiburan dan istirahat. Hiburan ini diisi oleh kresnamusika dengan judul lagu Jealous dan Inikah Cinta.

Penyampaian materi kedua disampaikan oleh Ahmad Syukron, S.Pd., M.Pd. yang dipimpin oleh moderator Eka Rizkha Agustina dan notulen yaitu Fiony Octavia Ciptaningrum. Pemaparan materi kedua yaitu Tata Cara Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Setelah pemaparan materi kedua selesai, kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Setalah penyampaian materi kedua, acara selanjutnya yaitu penampilan alat peraga dan pembagian doorprize alat peraga pada peserta. Panitia yang bertugas adalah Nuril Fauziyah dan Rofiqotul Afia. Alat peraga yang digunakan yaitu Zledut dan Para Pencari Kebenaran (P2K). Setelah itu penutup dan doa. Doa dibacakan oleh Yogi Setiawan.

 

Mathematics Teaching Contest (MATIC)

Mathematics Teaching Contest (MATIC)

Himpunanan Mahasiswa Pendidikan Matematika Mathematic Studens Club (MSC), Pada sabtu 17 November 2018 telah dilaksanakan Mathematics Teaching Contest (MATIC) yang merupakan program kerja baru di MSC pada kegiatan ini. Alhamdulillah berjalan dengan lancar. Mathematic Teaching Contest (MATIC) merupakan salah satu ajang kompetisi mengajar antara Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika. Pada acara MATIC ini di ikuti oleh 11 peserta, yang masing-masing merupakan perwakilan kelas dari angkatan 2016, 2017, dan 2018 dimana satu tim mengirimkan 3 mahasiswa, yaitu sebagai guru dan dua audience. Acara ini dimulai pada pukul 08.00 dengan yang di awali dengan pembukaan dengan membaca basmallah Bersama-sama. Selanjutnya pembacaan tilawah dan sari tilawah oleh Dinda novinda rini dan Indah Lutfiyatul Mursyidah. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan, sambutan pertama yaitu dari ketua panitia oleh Dita Bachtiar, kemudian sambutan kedua oleh ketua umum Mathematics Students Club (MSC) oleh Ivan Fajar Humayyun, sambutan selanjutkan dari Pembina bidang 1 yaitu Dr. Erfan Yudiyanto, M.Pd. sekaligus membuka acara MATIC ini secara Resmi. Acara ini dibagi menjadi dua sesi, sesi pertama yaitu nomor urut peserta 1-5, kemudian sesi kedua yaitu 6-11. Selanjutnya untuk audience juga di bagi menjadi 2 yaitu kloter pertama dan kloter kedua dimana masing-masing kloter saling bergantian. Satu kloter berjumlah 12 mahasiswa.

Acara ini dimulai dari nomor urut 1 sampai 11, Nomor urut 1 yaitu dari kelas 2016 C dengan materi yang dibawakan yaitu Barisan bilangan aritmatika dan geometri, nomor urut 2 dari kelas 2017 A dengan materi Peluang, nomor urut 3 dari 2018 A dengan mater kesebangunan dan kekongruenan, nomor urut 4 dari 2018 B dengan materi Turunan fungsi Aljabar,  nomor urut 5 dari 2017 B dengan materi Pemusatan data, nomor urut 6 dari 2016 B dengan materi hubungan antar sudut sebagai akibat dua garis sejajar yang dipotong oleh garis, nomor urut 7 dari 2018 C dengan materi membandingkan bilangan bulat dan pecahan, nomor urut 8 dari 2016 A dengan materi persamaan linier dua variabel, nomor urut 9 dari 2017 C dengan materi sistem persamaan linier dua variabel, nomor urut 10 dari 2017 D dengan materi luas permukaan bola, nomor urut 11 dari 2018 D dengan materi segitiga. Pada Mathematics Teaching Contest ini yang menjadi juri yaitu Dr. Erfan Yudiyanto, M.Pd., selaku Dosen Pendidikan Matematika, kemudian, Dr. Arju Muti’ah, M.Pd., selaku dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Risky Cahyo Purnomo, S.Pd., yang merupakan Alumni dari Pendidikan Matematika. Kemudian setelah semua selesai tampil, di lanjutkan dengan acara hiburan dari Kresnamusika yang membawakan lagu Mars MSC dan Bukti. Setelah selesai sesi hiburan dilanjutkan dengan penyampaian pesan dan kesan dari juri, Menurut Dr. Erfan Yudianto, M.Pd. bahwa Acara Mathematics Teaching contest(MATIC) ini sangat bagus, dimana disini dapat dijadikan pengalaman dalam mengajar serta dapat di jadikan referensi dalam kita mengajar kedepannya serta dalam kita besok dalam melakukan kegiatan PLP.

Kemudian acara yang dinanti-nanti telah tiba yaitu pengumuman juara, dalam MATICS ini diambil 3 pemenang yaitu juara 1, 2, dan 3. Juara 1 di raih oleh nomor urut 3 yaitu dari kelas A angkatan 2018, juara 2 diraih ileh nomor urut 3 yaitu dari Kelas D angkatan 2017, kemudian juara 3 di raih oleh nomor urut 9 yaitu nomor urut 9 dari kelas C angkatan 2017. Setelah itu pemberian hadiah kepada para juara Mathematics Teaching Contest(MATIC). Kemudian setelah itu foto Bersama dengan semua juri. Selanjutnya acara yang terakhir yaitu pemcaan doa, oleh saudara Rismi Haitami Azizi. Acara ini di tutup dengan bacaan Hamdalah Bersama.

 

P2AB 2018

P2AB 2018

Pada tanggal 27 Oktober 2018 merupakan hari ke-5 dari acara P2AB. Hari itu adalah saat-saat yang paling ditunggu-tunggu oleh para adik-adik maba nih. Selain karena hari terakhir dari acara P2AB, di hari itu akan ada penampilan showcase dari maba UNEJ dan akan ada acara pelantikan anggota baru hmps MSC yang akan diikuti oleh Mahasiswa UNEJ Bondowoso juga.

Seperti hari-hari sebelumnya, kegiatan P2AB dimulai pada pukul 6 pagi, kemudian berbaris rapi dibimbing oleh kakak-kakak komisi disiplin. Selain berbaris, kakak komdis memeriksa barang bawaannya apakah sudah sesuai dengan yang ditentukan. Kemudian melakukan upacara . setelah upacara selesai, para peserta P2AB masuk ke audiotorium yang ada di lantai 3 Ged. H. Kemudian para peserta P2AB makan bersama. Setelah sarapan, para peserta P2AB menuju ke ruang ganti untuk mempersiapkan keperluan showcase. Dalam showcase ini, setiap kelompok akan menampilkan yel-yelnya dan drama tentang beberapa legenda di Indonesia dalam waktu 10 menit saja. Dalam drama tersebut harus memuat tarian, nyanyian, pembacaan puisi ataupun bakat yang lain. Pada penampilan showcase ini, ada 3 juri yang akan menilai, yaitu Kak Adel, Kak Diba, dan Kak Nindy. Cerita Legenda yang akan dimainkan telah ditentukan oleh kakak-kakak panitia sebelumnya, legenda-legenda yang diberikan pada tiap kelompok adalah Legenda Roro Jonggrang, Joko Tarub, Lutung Kasarung, Timun Mas, Tangkuban Perahu, Malin Kundang, Sangkuriang, Legenda Banyuwangi, Bawang Merah dan Bawang Putih, serta Legenda Candi Prambanan. Sekilas ada yang mendapatkan cerita yang sama, seperti Tangkuban Perahu dan Sangkuriang, atau Roro Jonggrang dan Candi Prambanan. Namun tetap menarik perhatian dan punya karakteristik yang berbeda. Para peserta P2AB sangat antusias, dan bersemangat dalam mempersiapkan penampilannya, hal ini ditandai dengan tata busana dan riasan yang sederhana namun totalitas, salah satunya ada peserta yang mewarnai badannya dengan warna hijau untuk mendukung perannya sebagai buto ijo, menggunakan topi berbentuk kepala anjing untuk mendukung perannya sebagai tumang, lelaki yang memakai rok untuk menjadi roro jonggrang, dan lain sebagainya. Penampilan drama dalam 10 menit memang tidak lama, ada bebrapa kelompok yang harus menghentikan penampilannya karena waktunya telah berakhir.

Setelah acara showcase berakhir, para peserta dipersilahkan untuk berganti baju sesuai dengan ketentuannya, kemudian dilanjutkan Ishoma. Setelah Ishoma berakhir, dilanjutkan dengan acara Pelantikan Anggota Baru HMPS MSC. Sebelum pelantikan dimulai, diadakan geladhi bersih terlebih dahulu, setelah itu barulah acara Pelantikan Anggota Baru HMPS MSC dimulai. Para peserta sangat khidmat dan antusias dalam mengikuti acara ini, sehingga proses pelantikan dapat berlangsung dengan sukses dan lancar.

Acara selanjutnya adalah acara yang bikin deg-deg an dan lega, yaitu saat dimana kakak-kakak komdis minta maaf kepada para peserta P2AB karena berbicara keras dan tegas. Hal ini dilakukan supaya para peserta P2AB melatih mental, taat aturan dan disiplin dalam mengikuti acara ini, hal ini juga melatih para peserta P2AB dalam proses kuliah kedepannya.

Kemudian acara selanjutnya adalah penampilan dari para pengurus HMPS MSC 2018. Mereka meanmpilkan budaya 4 MSC, yaitu menyanyikan lagu Mars MSC, dan kemudian dilajutkan bernyanyi bersama oleh para peserta dan panitia P2AB. Selain itu para pengurus HMPS MSC 2018 menyanyikan lagu yang mampu memberikan motivasi dan semangat, yaitu lagu dari Tulus yang berjudul Manusia Kuat, yang kemudian diikuti oleh para peserta P2AB.

Acara selanjutnya yaitu pengumuman juara dari Showcase. Kelompok terbaik diberikan kepada kelompok Sigma. Kelompok Terkompak diberikan kepada Kelompok Miu. Kelompok Teraktif diberikan kepada Kelompok Tau. Kelompok Terkritis diberikan kepada kelompok Delta. Kelompok Terdisiplin diberikan kepada kelompok Lamda. Kelompok Terkreatif diberikan kepada kelompok Gamma. Kelompok Terajin diberikan kepada kelompok Phi. Kelompok Termandiri diberikan kepada kelompok Omega. Kelompok Terunik diberikan kepada kelompok Iota.  Kelompok Terheboh diberikan kepada kelompok Teta. Kelompok Terkenang diberikan kepada kelompok Eta. Dan untuk peraih juara 3 Showcase diberikan kepada Kelompok Epsilon, peraih juara 2 Showcase diberikan kepada Kelompok Alpha, dan peraih juara 1 Showcase diberikan kepada Kelompok Beta.

Berikut Dokumentasi Acara P2AB:

 

LKTIN SPEARS 2018

LKTIN SPEARS 2018

Lomba Karya Tulis Ilmiah tingkat Nasional yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika, Mathematics Students Club (MSC) memiliki perbedaan dengan tahun sebelumnya. LKTIN tahun 2018 ini mempunyai nama dagang yaitu SPEAR MSC. LKTIN tahun 2017 dan tahun 2018 merupakan ajang perlombaan kreativitas dan inovasi dari mahasiswa di seluruh Indonesia.

Setelah melakukan penyeleksian pada babak penyisihanterpilihlah 10 tim yang lolos menuju Grand FinalSPEAR MSC 2018 atau pelaksanaan presentasi dilaksanakan di Aula Gedung Rektorat lantai 3 Minggu, 4 November 2018.

Pada hari-h sebelum pelaksanaan presentasi terdapat pembukaan dari Kresnatama. Kemudian pembacaan tilawatil Qur’an dan dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Dan sambutan terakhir sekaligus membuka acara Lomba Karya Tulis Ilmiah MSC 2017 oleh perwakilan dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember yaitu Drs. Antonius Cahya Prihandoko, M.App.Sc., Ph.D.

Kesepuluh finalis ini selanjutnya akan melakukan presentasi tentang karya tulis mereka di hadapan para juri yaitu Dr. drg. Banun Kusumawardani, M.kes., Siswanto,M.Adan Drs. Antonius Cahya Prihandoko, M.App.Sc., Ph.D. Kemudian, dipilihlah juara terbaik yang akan di nobatkan menjadi Juara I, Juara II dan Juara III dan juara harapan  1, 2, dan 3 dan juara penyaji terbaik pada SPEAR MSC 2018 kali ini.

Inilah list pemenang LKTIN SPEAR MSC 2018

Juara Ketua Judul Nilai UNIV
1 Andreas Exa Saputra IMPLEMENTASI MICROBIAL DESALINATION CELL DAN ELECTRODIALYSIS MEMANFAATKAN ELEKTRODE BERBASIS TEMPURUNG KELAPA DENGAN MENERAPKAN SISTEM MANAJEMEN BERBASIS MASYARAKAT SEBAGAI SOLUSI BERKELANJUTAN DALAM MENCIPTAKAN KETAHANAN AIR DI PULAU-PULAU KECIL DI INDONESIA 87 UI
2 Rizqi Ramadan ALDEGI : INOVASI ALAT DETEKSI DINI PENYAKIT GINJAL SEBAGAI MEDIA PREVENTIF GUNA MEWUJUDKAN INDONESIA SDGs 2030 82 UNEJ
3 Aliefia Noor INDIKATOR RAMAH LINGKUNGAN UNTUK MENGAMATI KESEGARAN UDANG MENGGUNAKAN EKSTRAK BUAH KARAMUNTING (Rhodomyrtus tomentosa) TERINTEGRASI SISTEM KECERDASAN BUATAN 81 UBB
4 Bagas Bimantoro SEANERG : PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA ARUS LAUT DAN ANGIN DENGAN KOMBINASI GORLOV HELICAL TURBINE DAN SAVONIUS WIND TURBINE UNTUK MENGATASI KRISIS ENERGI LISTRIK DI INDONESIA” 80 ITS
5 Fitricia Putri Rizki CRONOS:PEMANFAATAN SISTEM KOMBINASI CROSS AXIS WIND TURBINE, TRIPLE TWISTED OSCILLATING WAVE COLUMN,DAN SAVONIUS HYDRO TURBINE SEBAGAI PEMBANGKIT LISTRIK ALTERNATIF GUNA MENGATASI KRISIS LISTRIK DAN PENCEGAH ABRASI DI INDONESIA TIMUR 79 ITS
6 Fatin Atikah Nata SINTESIS BIOPLASTIK DARI MATERIAL BIOWASTE SELULOSA SERBUK KAYU JATI (Tectona grandis) DENGAN PLASTICIZER GLISEROL 78 UNNES
7 Putri Indah Permata Sari SI KAGE TOK (INCLUSIVE COMMUNICATION GAMES AND TOKEN) UNTUK MENINGKATKAN SOCIAL SKILL ANTARA SISWA DISABILITAS DAN NON DISABILITAS DI SEKOLAH INKLUSIF 77 UB
8 Aziz Setiawan PEMANFAATAN KULIT BUAH NAGA SEBAGAI BIOSORPSI ION LOGAM Cr(VI) PADA LIMBAH BATIK CAIR DI KABUPATEN BANYUWANGI, JAWA TIMUR 76 ITS
9 Putra Makmur Boang Manalu EXPERIMENTAL AND COMPUTATIONAL STUDY : KURKUMIN SEBAGAI ANTIMALARIALAGENT DARI EKSTRAK RIMPANG KUNYIT (Curcuma longa) 74 UGM
10 Ianatul Khafidlah NAZICREAM (NANO ZINGIBER CREAM) BERBASIS BIONANOPARTIKEL SEBAGAI EFEKTIFITAS PEMULIHAN PENDERITA VITILIGO 71 UNESA

 

Dan pemenang penyaji terbaik diraih oleh tim dari Universitas Indonesia

Berikut dokumentasi pada acara ini:

Gemasena XV 2018

Gemasena XV 2018

Proker MSC Bidang 2 “GEMASENA XV”

Dilaksanakan pada Tanggal 14 Mei 2018

GEMASENA merupakan singkatan dari Gelar Malam Seni Mahasiswa Matematika, Gemasena ini merupakan salah satu program kerja MSC yang berkaitan dengan seni, dimana pada Acara ini dapat melahirkan seniman-seniman dari Program studi Pendidikan matematika. Pada acara GEMASENA ini Mahasiswa Pendidikan Matematika menampilakan Bakat-bakat Senimannya seperti Band, Menari, Dance dan lain sebagainya. Kegiatan ini dilaksanakan sekaligus untuk memperingati hari ulang tahun Himpunan Maasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Mathematics Students Club (MSC) Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Jember.

Pada acara GEMASENA XV kali ini mengangkat tema yaitu “Harmoni Cinta dalam Alunan Nada GEMASENA XV”. Kegiatan ini bertempat di Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM)  Universitas Jember pada Senin, 14 Mei 2018. Acara GEMASENA ini terbagi menjadi dua yaitu acara Formal dan Informal. Pada acara formal dipandu oleh MC dari angkatan 2017 yaitu Titis dan Aril .kemudian untuk acara Informal di pandu oleh MC dari Angkatan 2016. Sebelum acara Formal dibuka, disajikan penampilan Band dari angkatan 2017 dengan membawakan dua buah lagu, Kemudian dilanjutkan Pembukaan Acara Formal. Dilanjutkan menyanyikan Mars MSC, setelah itu acara dilanjutkan dengan sambutan-sambuatan, sambutan pertama dari Nidaan Choffiyah Astari selaku ketua panitia acara GEMASENA XV, kemudian sambutan dari Ivan Fajar Humayyun selaku ketua HMP Pendidikan Matematika, kemudian dilanjutkan sambutan dari Ibu Susi Setyowati selaku Ketua Prodi Pendidikan Matematika. Setelah sambutan selesai acara dilanjutkan dengan Pemutaran Video Nominasi dan pembacaan Nominasi Dosen Muda Terfavorit, Dosen Terfavorit, dan Mahasiswa Terinspiratif. Pemenang dari nominasi Dosen Muda Terfavorit jatuh kepada Bapak Erfan, kemudian Dosen Terfavorit jatuh kepada Bapak Hobri, dan Maha siswa Terinspiratif jatuh kepada saudara Akhmad Sholihin dari Angkatan 2016. Kemudian acara selanjutnya Pemotongan Tumpeng oleh Ibu Susi Setyowati. Acara formal ditutup dengan pembacaan do’a oleh saudara Bayu Kurnia Sandi.

Setelah acara formal selesai, dilanjutkan dengan acara Informal yang di buka dengan Penampilan Tari Tradisional Jaripah. Setalah itu pembukaan acara informal kemudian acara dilanjutkan penampilan Band dari 2016 dilanjutkan lagi dengan penampilan Band dari Dosenya itu bapak Randy dan Bapak Saddam yang berkolaborasi dengan kresnamusika. penampilan ini membuat mahasiswa terkagum melihat penampilan dosen, setelah itu acara dilanjutkan dengan penampilan Dance.

Acara yang ditunggu-tunggu yaitu penampilan sebuah Drama yang merupakan puncak penampilan dari acara GEMASENA XV 2018 yaitu Operet Jaka Tarub dan Nawang Wulan yang diperankan oleh Meilysa Ajeng dan Yusron Muhamah.Kemudian acara ini ditutup dengan penampilan Band dari Kresnamusika.

Berikut beberapa dokumentasi:

  • unej1 sister elearning