Pengenalan dan Pengembangan Anggota Baru (P2AB) 2017

Pengenalan dan Pengembangan Anggota Baru (P2AB) MSC merupakan salah satu program kerja tahunan MSC dibawah naungan bidang 1, yakni Departemen Kaderisasi dan Organisasi. Mengangkat tema “ Membumikan Pendidikan Karakter dengan Semangat Kekeluargaan untuk Menghasilkan Insan yang Berkualitas serta Membentuk Rasa Solidaritas yang Tinggi ”, P2AB bertujuan untuk mengenalkan dan mempercepat adaptasi mahasiswa baru Pendidikan Matematika pada kehidupan kampus khususnya di lingkup Pendidikan Matematika. Sesuai tema yang dipilih panitia, P2AB ini juga akan membentuk pendidikan karakter mahasiswa baru dengan mengenalkannya pada himpunan mahasiswa tercinta kita yaitu Mathematics Students Club (MSC). Selain itu, acara ini juga melatih mental, kedisiplinan, sopan santun terhadap dosen, kreativitas, dan kerja sama antar mahasiswa baru.

P2AB MSC 2017 ini dilaksanakan dalam jangka waktu tiga hari, yaitu Minggu 22 Oktober, Sabtu – Minggu 28-29 Oktober 2017. Tempat pelaksanaan acara adalah Gedung 1 dan Gedung 3 FKIP Universitas Jember.

Pada hari pertama P2AB MSC 2017, dilaksanakan penyampaian materi tentang pengenalan profil program studi Pendidikan Matematika, pengenalan dan pemilihan bidang MSC, IKAHIMATIKA, Program Mahasiswa Wirausaha (PMW), kepemimpinan, serta kearifan lokal.

Hari kedua P2AB MSC 2017 bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda sehingga mahasiswa baru diarahkan ke Lapangan UNEJ untuk mengikuti upacara. Setelah upacara, mahasiswa baru kembali ke tempat acara untuk menerima materi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Acara selanjutnya adalah penampilan showcase nomor undian 1 sampai 5. Setelah jeda sholat dzuhur dan makan siang bersama, penampilan showcase dilanjutkan nomor urut 6 sampai 10.

Acara hari ketiga dibuka oleh senam pagi bersama dan dilanjutkan makan pagi. Kemudian, mahasiswa baru akan melaksanakan outbond dengan rute mengelilingi kampus UNEJ. Masing-masing bidang telah bersiap di pos masing-masing. Keseluruhan ada 6 Pos dengan rincian Pos 1 di Gedung 1 untuk Pengurus, Pos 2 di depan halaman Rektorat untuk Bidang 1, Pos 3 di depan Rusunawi untuk Bidang 2, Pos 4 di parkiran depan Gedung 3 FKIP untuk Bidang 3, Pos 5 di halaman Gedung Lembaga Penelitian untuk Bidang 4, dan Pos 6 di parkiran samping Rektorat/depan Faperta untuk Steering Committe (SC). Pemberangkatan mahasiswa baru untuk mengikuti outbond ini secara satu per satu. Sebelum menuju Pos 6, mahasiswa baru akan diarahkan ke Lapangan UNEJ untuk beberapa games yang mengasah kekompakan dan kerja sama masing-masing kelompok.

Acara inti pada hari ketiga adalah Pelantikan Anggota Baru MSC. Ketua Umum MSC melepaskan pita dan ID Card perwakilan peserta yang kemudian diikuti oleh seluruh peserta. Dilanjutkan dengan penjelasan komisi displin lalu pengenalan budaya ke-4 MSC oleh Pengurus MSC. Selanjutnya, peserta diarahkan untuk sholat maghrib. Kemudian acara P2AB MSC 2017 ini ditutup dengan pemberian penghargaan (award) kepada peserta dan panitia.

Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Muharram 1439 H

Bulan Muharram adalah bulan pertama dalam tahun Hijriyah. Pada tahun ini 1 Muharram 1439 H bertepatan pada tanggal 21 September 2017. Muharram merupakan peristiwa yang sangat bersejarah bagi umat muslim, dimana Nabi Muhammad SAW melakukan hijrah dari Makkah ke Madinah atas perintah dan izin Allah SWT dengan tujuan untuk memperbaiki sifat dan sikap umat muslim. Oleh karena itu, peringatan bulan Muharram merupakan salah satu momentum penting bagi setiap muslim karena dapat mengingatkan kita bahwa tahun ini harus lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Tepat pada tanggal 1 oktober 2017, Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Mathematics Students Club (MSC) mengadakan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Muharram dengan tema “Meningkatkan Silaturrahim dan Berbagi bersama di Bulan Muharram”. Dengan serangkaian acara yang terdiri dari acara pembukaan dan acara inti, acara pembukaan yaitu pembacaan asmaul husna, tilawah, dan sambutan-sambutan dan dilanjutkan dengan acara inti yaitu tausiyah, open house, penyerahan bingkisan secara simbolis dari dosen, dan salam-salam. Acara tersebut dihadiri oleh mahasiswa angkatan 2017, undangan yang terdiri dari dosen dan anak yayasan panti asuhan ”At-Tafakur”.Sebelumnya panitia membuka donasi untuk anak panti asuhan.

Melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa tidak hanya mendapatkan ilmu dari materi saja, tetapi juga mampu  menjadikan mahasiswa yang bertanggung jawab dan memiliki solidaritas tinggi  melalui partisipasi mahasiswa pendidikan matematika dalam acara Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Muharram 2017. Penyelenggaraan kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi mahasiswa maupun orang-orang yang membutuhkan khususnya anak yatim/ piatu serta menjadi kesempatan untuk mempererat silaturrahim antar sesama.

Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Ramadhan 1438 H

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan ajang dimana setiap orang berlomba-lomba untuk mendapatkan pahala. Kenapa begitu? Karena pahala kebaikan di bulan Ramadhan akan dilipat gandakan, yakni satu kebaikan setara sepuluh kebaikan di bulan lainnya.

Pada momen yang baik ini, Mathematics Students Club (MSC) yang merupakan suatu Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika, mengadakan salah satu kegiatan yang bermanfaat. Kegiatan tersebut, direalisasikan oleh Departemen Kerohanian dari Bidang 3, yaitu Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Ramadhan. PHBI Ramadhan kali ini mengangkat tema “Meningkatkan Kualitas Ibadah dan Mempererat Tali Silaturrahmi bersama MSC” yang diadakan pada hari Kamis, 1 Juni 2017 dan bertempat di ruang 15-16 Gedung 3 FKIP Universitas Jember. Kegiatan tersebut diikuti oleh semua warga MSC.

(Suasana makan bersama yang diikuti peserta)

Apa saja sih rangkaian kegiatan PHBI Ramadhan? Serangkaian kegiatan dalam PHBI Ramadhan ini cukup banyak, diantaranya yaitu khatmil qur’an, tausiyah, buka bersama, sholat isya’, dan tarawih bersama. Banyak bukan kegiatannya? Tapi jangan khawatir, karena kegiatan-kegiatan tersebut selain dapat mempererat tali silaturrahmi, meningkatkan ibadah, juga menambah ilmu pengetahuan seputar agama Islam.

(Suasana makan bersama yang diikuti peserta)

Ternyata warga MSC sangat bersemangat dalam mencari ilmu loh. Kenapa bisa begitu? Itu karena warga MSC yang aktif dan sangat antusias saat sesi tanya jawab. Pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan senang hati dijawab oleh pentausyah PHBI Ramadhan yaitu Ustadz Suyono.

(Foto saat Ustadz Suyono menjawab beberapa pertanyaan dari peserta)

Begitu banyak manfaat dari kegiatan tersebut, beberapa warga MSC yang menuliskan kesan pesan pada selembar kertas mengharapkan adanya keberlanjutan kegiatan tersebut. Dengan adanya PHBI Ramadhan, semua warga MSC dapat berkumpul bersama pada momen Ramadhan dan dapat menambah pengetahuan serta pahala dengan adanya serangkaian kegiatan yang bermanfaat. Sampai bertemu di PHBI Ramadhan selanjutnya, semoga Allah SWT mempertemukan seluruh warga MSC pada Ramadhan di tahun depan, aamiin…

(Foto pemberian bingkisan oleh Bapak Erfan kepada Ustadz Suyono)

GEMASENA XIV

“Mahakarya dalam Senandung Cinta”

Seni, memiliki banyak ragam dan unsur yang menarik rasa kagum banyak manusia. Seni merupakan nilai kreasi dan estetika dari pemikiran seseorang. Dengan memunculkan hasil karya yang mampu mencapai rasa bahagia. Apapun dunia yang manusia geluti, maka mereka mempunyai hak besar untuk terjun dalam dunia seni. Karena setiap kegiatan dan setiap apa yang dilakukan merupakan wujud dari sebuah seni.

Mathematics Students Club (MSC) merupakan salah satu himpunan mahasiswa yang mempunyai program kerja di bidang akademik, namun juga tidak mengabaikan bidang seni. MSC mencoba mencari dan melahirkan seniman-seniman dari mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika yang diwujudkan dengan adanya Gelar Malam Seni Mahasiswa Matematika (GEMASENA) XIV 2017. Kegiatan ini diadakan sekaligus sebagai peringatan hari ulang tahun Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Mathematics Students Club (MSC) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember.

Acara GEMASENA XIV yang bertemakan “Mahakarya dalam Senandung Cinta” bertempat di Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Universitas Jember pada Selasa, 23 Mei 2017. Dalam acara ini terdapat rangkaian acara formal dan nonformal. Untuk acara formal dipandu oleh Hendrik Win dan Mutiara dari angkatan 2016 sebagai MC.

Pemutaran video nominasi dan pembacaan nominasi Dosen Ter-ter dan Mahasiswa Ter-inspiratif merupakan salah satu bagian dari acara formal. Pemenang  nominasi Dosen Ter-ramah adalah Bapak Erfan, Dosen Ter-aktif adalah Bapak Randi, Dosen Ter-lucu adalah Bapak Arif, dan Dosen Ter-inspiratif adalah Ibu Susi Setiawani, sedangkan pemenang untuk Mahasiswa Ter-inspiratif adalah  Zahirotul Ula dari angkatan 2014. Kemudian dilanjutkan pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh Dekan dan diserahkan kepada Ketua Panitia didampingi oleh Ketua Umum.

Setelah acara formal selesai, kemudian dilanjutkan dengan acara nonformal. Acara nonformal dipandu oleh Elvin Cahyanita dan M. Hisyam Syauqi dari angkatan 2015 sebagai MC. Acara nonformal berisi penampilan-penampilan dari mahasiswa sekaligus dosen. Penampilan mahasiswa seperti dari Kresnatama yakni menampilkan Tari Tradisional Sri Ganyong dan juga Modern Dance. Sedangkan penampilan dosen yakni oleh Bapak Randi dan Bapak Ervan yang berkolaborasi dengan Kresnamusika membawakan dua buah lagu yang berjudul Itu Aku dan Pejantan Tangguh. Penampilan ini membuat seluruh mahasiswa terkagum-kagum melihatnya. Puncak penampilan pada acara GEMASENA XIV 2017 ini adalah penampilan Sendratari Rama Shinta yang menceritakan tentang Rama Shinta, dengan Maria Faradiba sebagai Shinta dan Moh. Jazim sebagai Rama. Sendratari Rama Shinta berhasil tampil dengan menarik hati para penonton yang melihatnya.

PENGUMUMAN SEMIFINALIS SD/MI DAN SMP/MTs DETIK MSC 21

Assalamualaikum Wr. Wb.
Selamat bagi peserta DETIK MSC 21 yang telah lolos ke babak semifinal. Berikut kami lampirkan nama-nama semifinalis jenjang SD/MI. Kami tunggu kehadiran adik-adik pada tanggal 24 September 2017 di Gedung 3 FKIP Universitas Jember. Tetap semangat.
Wassalamualaikum Wr. Wb.

Untuk semifinalis SD/MI
Untuk semifinalis SMP/MTs

  • unej1 sister elearning