PENGUMUMAN SEMIFINALIS SD/MI DAN SMP/MTs DETIK MSC 21

Assalamualaikum Wr. Wb.
Selamat bagi peserta DETIK MSC 21 yang telah lolos ke babak semifinal. Berikut kami lampirkan nama-nama semifinalis jenjang SD/MI. Kami tunggu kehadiran adik-adik pada tanggal 24 September 2017 di Gedung 3 FKIP Universitas Jember. Tetap semangat.
Wassalamualaikum Wr. Wb.

Untuk semifinalis SD/MI
Untuk semifinalis SMP/MTs

PEDOMAN PENULISAN SKRIPSI, TESIS DAN DISERTASI UNEJ

Banyak tulisan mahasiswa di Unej yang bagus-bagus dan kritis tetapi terkadang mereka lupa dengan panduan yang telah diterbitkan oleh Universitas Jember. Apakah itu? Ya … itu … gaya selingkung yang berlaku di UNEJ. Marilah kita memanfaatkan pedoman yang telah diberikan kepada kita, yang telah diterbitkan oleh Universitas Jember. Silahkan Anda klik panduan penulisan tugas akhir di sini (drive) jika gagal bosa download di sini (kawanda unej). Semoga bermanfaat.

Gema Islami 2017

Assalamualaikum Wr. Wb.

Hai Akhi dan Ukhti

Pada tanggal 30 April 2017 kemarin, telah berlangsung salah satu program kerja MSC yang bernuansa agama yaitu Gema Islami yang Alhamdulillah dapat terlaksana dengan lancar dan berjalan dengan baik di dalam Ruang 44B 101-102 Gedung I FKIP. Gema Islami kali ini bertemakan

Acara Gema Islami kali ini bertema Menumbuhkan Jiwa Generasi Muda yang Cerdas dan berakhlak Qur’ani. Acara kali ini berbeda dengan tahun lalu, peserta pada acara ini hanya untuk anggota MSC saja. Acara ini dibawakan oleh Nur Indah Sofia dan Rislatul Ba’diyah. Dalam acara ini diadakan lomba tartil dan lomba cerdas cermat antar kelas dari angkatan 2014, 2015, dan  2016 yang menbuat acara ini berjalan dengan khidmat dan makin seru.

Acara ini dimulai pada pukul 07.00 yang di awali dengan pembukaan acara yaitu membaca  Basmalah bersama-sama. Kemudian acara selanjutnya yaitu Tilawatil Qur’an yang dibawakan oleh Ayu Imamatul dan Nurul Auliyah. Setelah itu acara dilanjutkan dengan sambutan-sambutan yang di berikan oleh Eko Wahyu Arya selaku Ketua Panitia, M. Taufiq Hidayat selaku Ketua Umum MSC, serta sambutan oleh Pak Dr. Hobri S.Pd M.Pd. selaku perwakilan dosen Pendidikan Matematika. Kemudian, saat yang ditunggu-tunggu pun akhirnya berlangsung, yaitu lomba tartil.

Lomba tartil ini diikuti oleh 18 peserta yang terdiri dari 6 peserta pada setiap angkatan. Juri pada lomba ini yaitu Pak Dr. Hobri, S.Pd., M.Pd. dan Ust. Suyono. Pada lomba ini terdapat tiga aspek penilaian, yaitu Tajwid, Fashohah, dan Irama. Lomba ini terdiri dari dua babak, yaitu babak penyisihan dan babak penilaian.  Pada babak penyisihan, para peserta akan di panggil oleh MC satu persatu sesuai nomor urut yang telah didapatkan untuk maju kedepan, kemudian peserta akan membaca beberapa ayat suci AL-Qur’an yang telah ditentukan oleh panitia. Peserta diberi waktu 5 menit untuk membaca beberapa ayat suci Al-Qur’an tersebut dengan baik dan benar.

Setelah melalui babak penyisihan, para juri diberi waktu untuk berdiskusi tentang siapa peserta yang akan lolos ke babak final. Sembari menunggu hasil diskusi para juri, para penonton di suguhkan penampilan dari Nasyid band yang terdiri dari M. Yasin Fadillah sebagai gitaris, sedangkan Ayu Imamatul dan Nurul Auliyah sebagai vokalis. Nasyid Band menyanyikan 2 buah lagu religi yang sangat menghibur para penonton. Setelah itu, juri mengumumkan hasil diskusinya yaitu 3 peserta yang lolos menuju babak final untuk memperebutkan juara 1, juara 2, dan juara 3, adalah Muslimatul Faizah, Nur Lailiya, dan Pratika Maharani.

Pada babak selanjutnya, yaitu babak final, peserta yang lolos akan di panggil satu persatu oleh MC untuk maju kedepan, kemudian juri akan menentukan bebrapa ayat Al-Qur’an  yang akan dibaca. Dan hasil dari babak final tersebut adalah Muslimatul Faizah sebagai peraih juara 1 , Pratika Maharani sebagia peraih juara 2, dan Nur Lailiya sebagai peraih juara 3.

Eits,…. acara ini masih belum selesai lo, karena masih ada lomba cerdas cermat. Sebelum menuju pada lomba selanjutnya, para penonton dihibur kembali dengan penampilan Nasyid, penonton pun ikut bernyanyi. Setelah itu, lomba pun dimulai. Pada lomba ini terdapat 9 tim, tiap tim terdiri dari 3 orang. Pada babak penyisihan, peserta lomba dibagi menjadi 3 grup yaitu grup A yang merupakan kelas C 2014,kelas A 2014, dan kelas 2016 A; tim B yang terdiri dari kelas B 2016, kelas A 2014, dan kelas C 2015; sedangkan tim C terdiri dari kelas C 2016 , kelas B 2015, dan kelas B 2014. Pada babak ini, setiap tim akan diberi 10 pertanyaan, dengan waktu menjawab 30 detik untuk setiap pertanyaan. Persaingan pun sangat ketat, skor tiap tim pun perbedaannya sangat tipis bahkan pada grup A terdapat perolehan skor yang sama antara tim A 2016 dengan tim A 2014, sehingga diadakan sesi cepat tepat, yaitu menjawab 1 pertanyaan dengan cepat dan tepat, yang menjawab terlebih dahulu dengan benar maka tim tersebut lolos menuju babak final.

Setelah melalui babak penyisihan, 1 tim telah lolos menuju babak babak final pada tiap grupnya. Grup A yaitu tim A 2014, grup B yaitu tim C 2015, dan grup C yaitu tim C 2016. Pada babak ini terdapat 2 sesi, sesi yang pertama anggota tim berbaris, dan tiap anggota menjawab pertanyaan tanpa berdiskusi, apabila tidak bisa menjawab maka cukup menjawab “pass” maka  pertanyaan akan berganti ke pertanyaan selanjutnya dan pertanyaan yang tidak bisa di jawab akan keluar lagi, anggota yang telah menjawab akan berjalan menuju baris belakang, dan anggota lain maju dan menjawab pertanyaan berikutnya. Waktu yang diberikan untuk menjawab 10 pertanyaan yaitu 10 menit. Sedangkan pada sesi yang kedua, antar tim berebutan menjawab pertanyaan, sehingga setiap tim harus menjawab dengan cepat dan tepat dengan menekan bel yang telah disediakan. Skor dari kedua sesi tersebut nantinya akan diakumulasikan untuk menentukan pemenang pada lomba ini. Suasana saat babak ini sangat ramai, selain ketatnya persaingan dari ketiga tim, para supporter dari tiap pun menambah kehebohan dalam babak ini. Selain karena ingin mendukung tim jagoan masing-masing, untuk supporter terheboh akan mendapatkan bingkisan menarik dari panitia.

Sebelum mengumumkan pemenang pada lomba cerdas cermat kali ini, MC berkeliling dan menanyakan bagaimana kesan dan pesan para peserta lomba selama perlombaan berlangsung. Menurut Tim A 2014, mereka masih kurang persiapan dan mungkin saat ini mengalah dulu dan memberikan kesempatan pada tim lain untuk menang. Sedangkan menurut Tim C 2015, mereka tidak menyangka telah lolos ke babak final. Sedangkan menurut Tim C 2016, mereka bersyukur telah lolos ke babak final dan mereka berharap semoga ilmu yang telah didapat dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kemudia MC berkeliling menuju supporter dan menanyakan bagaimana kesan dan pesan selama lomba berlangsung. Menurut Tim A 2014, lomba kali ini lebih rame dan menyenangkan. Menurut Tim C 2015, supporter kurang bersemangat, kasihan temannya yang sedang berlomba. Menurut Tim C 2016, dalam mengikuti beberapa serangkaian acara ini, semoga dapat menambah wawasan dan dapat bermanfaat nantinya. Kemudian, MC berkeliling menuju panitia dan menanyakan kesan dan pesan sebagai penyelenggara acara ini. Menurut Iqbal Amirullah selaku panitia mengatakan bahwa acara ini bagus. Menurut Putri Aditya selaku panitia mengatakan bahwa semoga tahun depan acara ini diadakan kembali dan menjadi lebih baik lagi, dan tambah kompak. Menurut Luchi, panitia luar biasa semangatnya.

Setelah MC berkeliling, akhirnya waktu yang ditunggu-tunggu telah tiba, yaitu pengumuman juara cerdas cermat. Peraih Juara 1 adalah Tim C 2015, peraih juara 2 adalah Tim C 2016, dan peraih juara 3 adalah Tim A 2014. Kemudian tidak lupa juga pengumuman supporter terheboh dalam acara ini. Dan gelar supporter terheboh diraih oleh angkatan 2016.

Setelah semua hadiah telah diberikan pada tiap pemenang, acara ini ditutup dengan pembacaan doa oleh Alfan Fahmi. Setelah itu, MC pamit undur diri dan sampai bertemu di proker MSC selanjutnya.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

MSC Competition 2017

Salam MSC !

Alhamdulillah, satu program kerja MSC telah terlaksana dengan baik. MSC Competition 2017 merupakan “sebutan baru”  bagi  MSC Games di tahun sebelumnya. Salah satu proker MSC ini berada di bawah naungan Bidang II dengan Ketua Bidang II, Robby Nur Mulyo angkatan 2015. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan MSC dan telah berganti nama beberapa kali. Pesertanya adalah seluruh warga MSC yang pastinya adalah Mahasiswa Pendidikan Matematika angkatan 2013-2016. Tujuan dari MSC Competition 2017 sendiri adalah untuk mempererat silaturrahmi antar angkatan mahasiswa Pendidikan Matematika serta meningkatkan jiwa sportifitas pada diri masing-masing anggota. Pelaksanaan MSC Competition 2017 ini merupakan waktu pelaksanaan terpanjang dibanding dengan proker-proker MSC yang lain. Nggak percaya? Boleh deh di cek langsung sama panitia yang kerja keras selama bulan Maret-April. MSC Competition memang digelar kurang lebih 1 bulan. Pada MSC Competition 2017 ini, ada something special di malam penutupannya yang bertempat di Gedung Soetardjo Universitas Jember. Guess What? Jeng jeng jeng… Tidak hanya mahasiswa, dosen-dosen matematika juga ikutan bulutangkis. Tim Dosen turun dengan squad terbaiknya, antara lain Bu Susi, Bu Lioni, Pak Arif, Pak Hobri, dan Pak Randi. Selain itu, tamu dari Thailand, Phi Nong, juga berpartisipasi menyemarakkan malam penutupan MSC Competition 2017. Antusias pendukung bergemuruh ketika pertandingan ganda putra antara Pak Arif berpasangan dengan kak Anas dari angkatan 2013 melawan Phi Nong yang berpasangan dengan kak Cahyo dari angkatan 2014. Pertandingan tersebut sangat seru sehingga menurut penonton setara dengan Indonesia Open. Wah wah wah… congrats buat semua panitia, semoga tahun depan bisa lebih meriah lagi.

Pada MSC Competition 2017 ini terdapat beberapa cabang olahraga yang di pertandingkan, yaitu Futsal, Basket, Voli, dan Bulutangkis. Tidak hanya olahraga, terdapat juga lomba dalam bidang seni dan jurnalistik, yakni Lomba Akustik dan Design Sticker Gemasena XIV.

Dari cabang olahraga seperti Futsal, Basket, Voli, dan Bulutangkis, masing-masing terdapat juara I, II, dan III. Sedangkan Lomba Akustik, terdapat Juara I dan II. Untuk Design Sticker Gemasena XIV, terdapat Juara Terbaik dan Juara Terfavorit, dimana juara terfavorit ini adalah Design Sticker dengan jumlah like terbanyak yang telah diupload melalui akun facebook MSC, FKIP Matematika Unej. Selain itu, dari cabang olahraga seperti Futsal, Basket, Voli, dan Bulutangkis, masing-masing terdapat pemain terbaik putra dan putri. Tidak berhenti disitu, poin yang diperoleh dari semua lomba yang diikuti, akan diakumulasi oleh panitia dan kemudian ditentukan 1 Tim sebagai juara umum.

Berikut ini perolehan juara dari tiap cabang lomba:

  • Bidang Olahraga, terdapat 4 cabang olahraga yang di pertandingkan, yakni :
  1. Futsal

Futsal putra:

  1. Juara I di raih oleh SC 2014
  2. Juara II di raih oleh 2016 A
  3. Juara III di raih oleh SC 2013

Futsal putri:

  1. Juara I di raih oleh SC 2014
  2. Juara II di raih oleh 2015 B
  3. Juara III di raih oleh 2016 A

2. Basket

Basket putra:

  1. Juara I di raih oleh SC 2013
  2. Juara II di raih oleh 2016 A
  3. Juara III di raih oleh 2015 A

Basket putri:

  1. Juara I di raih oleh 2015 B
  2. Juara II di raih oleh SC 2013
  3. Juara III di raih oleh SC 2014
  1. Voli

Voli Putra:

  1. Juara I di raih oleh SC 2014
  2. Juara II di raih oleh 2016 A
  3. Juara III di raih oleh SC 2013

Voli Putri:

  1. Juara I di raih oleh 2015 A
  2. Juara II di raih oleh 2016 A
  3. Juara III di raih oleh SC 2013

4. Badminton

  1. Juara I Ganda putra, Ganda putri, dan Ganda campuran di raih oleh SC 2013
  2. Juara II Ganda putra, Ganda putri, dan Ganda campuran di raih oleh 2015 B
  3. Juara III Ganda putra, Ganda putri, dan Ganda campuran di raih oleh SC 2014
  • Bidang Seni, yakni:

Lomba Akustik

  1. Juara I di raih oleh 2015 A
  2. Juara II di raih oleh 2016 B
  • Bidang Jurnalistik, yakni:

Design Sticker

  1. Juara terbaik di raih oleh 2015 B
  2. Juara terfavorit di raih oleh SC 2014

Selain perolehan juara-juara di atas, berikut ini daftar pemain terbaik putra dan putri masing-masing cabang olahraga yang diperlombakan:

  1. Voli
    1. Pemain terbaik putra : Rahmad Dwi Cahyo (SC 2014)
    2. Pemain terbaik putri : Hastin Atas Asih (2015 A)
  2. Bulutangkis
    1. Pemain terbaik putra : Anas Susanto (SC 2013)
    2. Pemain terbaik putri : Diah Ayu Nur Vita Sari (SC 2013)
  3. Basket
    1. Pemain terbaik putra : Fanni Pujayanti (2015 B)
    2. Pemain terbaik putri : Riyyan Rizquna (2015 B)
  4. Futsal
    1. Pemain terbaik putra : Ervin Guswanto (SC 2014)
    2. Pemain terbaik putri : Mila Afriana (SC 2014)

Juara umum MSC Competition 2017 di raih oleh Tim SC 2014 dengan perolehan 3 medali emas dan 2 medali perunggu.

Berikut ini cuplikan kegiatan MSC Competition 2017

Update Petunjuk Pelaksanaan dan Petunjuk Teknis DETIK (Olimpiade Matematika) MSC 21

PETUNJUK PELAKSANAAN DAN PETUNJUK TEKNIS

OLIMPIADE MATEMATIKA 21

MATHEMATICS STUDENTS CLUB (MSC)

Dengan Tema:

Explore Your Intelligence and be a Young Mathematician to Create a Golden Generation

 

 

 

PANITIA PELAKSANA

OLIMPIADE MATEMATIKA 21

HIMPUNAN MAHASISWA

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA

MATHEMATICS STUDENTS CLUB (MSC)

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS JEMBER

2017

KATA PENGANTAR

             Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas ridho-Nya kami dapat menyelesaikan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis OLIMPIADE MATEMATIKA 21 dengan tema Explore Your Intelligence and be a Young Mathematician to Create a Golden Generation tepat pada waktunya.

Panduan ini kami buat sebagai sarana untuk melengkapi kegiatan Olimpiade Matematika 21 Mathematics Students Club (MSC) 2017. Dalam panduan ini kami paparkan secara jelas mengenai petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis Olimpiade Matematika 21.

Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada semua pihak, baik secara langsung maupun tidak langsung yang telah membantu panitia dalam pembuatan panduan ini serta yang akan mensukseskan acara Olimpiade Matematika 21 Mathematics Students Club (MSC) 2017 ini.

Kami menyadari masih ada beberapa kekurangan dalam pembuatan panduan ini. Oleh karena itu, besar harapan kami atas kritik dan saran dalam penyempurnaannya.

Jember, 25 April 2017

 

 

Panitia

 

KETENTUAN PENDAFTARAN

  1. Ketentuan Peserta
    1. Peserta adalah siswa SD/MI atau sederajat dan SMP/MTs atau sederajat
    2. Melunasi biaya pendaftaran dan mengisi formulir pendaftaran.
    3. Peserta menyerahkan fotokopi rapor yang mencantumkan identitas siswa atau kartu tanda pelajar (pilih salah satu) dan bukti pembayaran.
    4. Semua persyaratan diserahkan saat daftar ulang tanggal 10 September 2017.
    5. Peserta wajib memakai seragam sekolah dan bersepatu pada saat pelaksanaan lomba.
  1. Biaya Pendaftaran

Masing-masing peserta dikenai biaya dengan rincian sebagai berikut:

Gelombang 1 online (10 April – 23 Juli 2017)

  • Tingkat SD/MI : Rp45.000,-
  • Tingkat SMP/MTs : Rp55.000,-

Gelombang 2 online dan offline (24 Juli – 4 September 2017)

  • Tingkat SD/MI : Rp50.000,-
  • Tingkat SMP/MTs : Rp60.000,-

 

  1. Mekanisme Pendaftaran
    1. Online

Peserta membaca petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis di web prodi Pendidikan Matematika (matematika.fkip.unej.ac.id). Peserta melakukan pembayaran ke nomor rekening 0021-01-140558-50-3 (BRI) atas nama Elies Dwi Rahmaniah Fajri. Peserta mengisi formulir pendaftaran yang tersedia di facebook Olimpiade Matematika MSC UNEJ atau pada web matematika.fkip.unej.ac.id atau menghubungi nomor 085233838427 untuk mendaftar via Whatsapp/Line dengan format #DAFTARDETIKà Mengirimkan scan rapor atau Kartu tanda Pelajar yang mencantumkan identitas peserta dan foto bukti pembayaran melalui email ommscfkip@gmail.com. Peserta melakukan konfirmasi via sms atau whatsapp atau Line dengan format (nama peserta_asal sekolah_rayon_ nama (pemilik) rekening_nomor rekening). Panitia akan memvalidasi dan mengkonfirmasi kelengkapan berkas calon peserta apakah sudah menjadi peserta Olimpiade Matematika 21 MSC UNEJ atau masih ada yang perlu dilengkapi.

  1. Offline :

Kepanitiaan Olimpiade Matematika 21 dengan alamat Jl. Kalimantan 37 Kampus Tegalboto Gedung III FKIP Universitas Jember, Kode Pos 68121 pada

Senin – Kamis pukul 08.00 – 13.30 WIB

Jumat  pukul 08.00 – 11.00 WIB

Atau pada masing-masing sekolah yang telah ditunjuk sebagai tempat pelaksanaan Olimpiade Matematika 21 di tiap rayon, meliputi :

  • Banyuwangi : SMPNegeri 1 Srono

Sesuai Jam Kerja

  • Bondowoso : SMPNegeri 1 Bondowoso

Sesuai Jam Kerja

  • Lumajang : SMPNegeri 1 Sukodono

Sesuai Jam Kerja

  • Probolinggo : SMPNegeri 1 Probolinggo

Sesuai Jam Kerja

  • Situbondo : SMPNegeri 1 Panji

Sesuai Jam Kerja

  • Pasuruan :SMPNegeri 1 Bangil

Sesuai Jam Kerja

  • Sidoarjo : SMP Negeri 1 Candi

Sesuai Jam Kerja

  • Mojokerto : SMA Negeri1 Sooko

Sesuai Jam Kerja

  1. Registrasi

Registrasi/daftar ulang dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 10 September 2017 di masing-masing rayon, pukul 07.00-08.00 yaitu sebelum Opening Ceremony di mulai.

Setiap peserta Olimpiade Matematika 21 diwajibkan melakukan daftar ulang/registrasi. Persyaratan registrasi :

  • Peserta memakai seragam sekolah dan bersepatu
  • Peserta menyerahkan fotokopi rapor yang mencantumkan identitas siswa atau kartu tanda pelajar. (pilih salah satu).
  • Peserta membawa bukti pembayaran berupa kwitansi (offline) atau struk bukti transfer (online).
    1. Peserta yang tidak memenuhi persyaratan registrasi tidak mendapatkan fasilitas, kecuali sertifikat, id card, dan konsumsi.
    2. Bagi calon peserta yang mendaftar tetapi tidak melakukan registrasi, maka dianggap tidak terdaftar sebagai peserta.

PELAKSANAAN OLIMPIADE

  1. Bentuk Kegiatan

Olimpiade Matematika SD/MI dan SMP/MTs sederajat se-Jawa Timur

  • Babak penyisihan
    • Ceremonial
    • Seleksi (babak penyisihan)
    • Pengumuman semifinalis (H + 5)
  • Babak semifinal dan final

Ceremonial

  • Babak semifinal
  • Pengumuman finalis
  • Babak final
  • Pengumuman juara
  • Bazar (buku kumpulan soal olimpiade matematika MSC FKIP UNEJ, CD pembelajaran, buku olimpiade matematika penerbit Erlangga, gantungan kunci, pin).
  • Pameran Media Pembelajaran(alat peraga)
  1. Waktu Dan Tempat Pelaksanaan
  • Babak Penyisihan

Hari, tanggal           : Minggu, 10 September 2017

Pukul                      : 07.00 – 11.30 WIB

Tempat :

  • Rayon Jember, Gedung III FKIP Universitas Jember

Jl. Kalimantan No. 37 Kampus Tegalboto Jember

  • Rayon Lumajang, SMP Negeri 1 Sukodono

Jl. Jendral Gatot Subroto No. 2 Lumajang

  • Rayon Probolinggo, SMP Negeri 1Probolinggo

Jl. Imam Bonjol No. 49 Probolinggo

  • Rayon Pasuruan, SMP Negeri 1 Bangil

Jl. Pattimura No. 309 Bangil, Pasuruan

  • Rayon Bondowoso, SMP Negeri 1 Bondowoso

Jl. Letnan Karsono No. 3 Bondowoso

  • Rayon Situbondo, SMP Negeri 1 Panji

Jl. Basuki Rahmat, Mimbaan, Panji, Situbondo

  • Rayon Banyuwangi, SMP Negeri 1 Srono

Jl. Raya Srono, Srono, Banyuwangi

  • Rayon Sidoarjo, SMP Negeri 1 Candi

Jl. Mojopahit No. 7 Ds Warangan, Candi, Sidoarjo

  • Rayon Mojokerto, SMA Negeri 1 Sooko

Jl. Akhmad Basuni 361, Mojokerto

 

  • Babak semifinal dan final

Hari, tanggal : Minggu,24 September 2017

Pukul : 07.00 -17.00 WIB

Tempat : Gedung III FKIP Universitas Jember

Jl. Kalimantan 37 Kampus Tegalboto, Jember

  1. Ketentuan Pelaksanaan
  1. Setiap peserta mengerjakan soal-soal dengan tingkat kesulitan yang sama.
  2. Pada babak penyisihan, peserta mendapatkan soal dengan batas waktu yang ditentukan panitia.
  3. Peserta yang berhak lolos ke babak semifinal adalah 32 peserta berdasarkan nilai tertinggi dari seluruh peserta ditambah 2 peserta dengan nilai tertinggi dari setiap rayon. Sehingga total peserta yang lolos ke babak semifinal sebanyak 50 peserta tiap jenjang. Jika terdapat nilai yang sama pada batas akhir, maka pertimbangannya dilihat pada jumlah soal terbanyak yang dijawab benar.
  4. Peserta yang berhak lolos ke babak final adalah 10 peserta dari SD/MI dan 10 peserta dari SMP/MTs sederajat berdasarkan nilai tertinggi pada babak semifinal dari seluruh peserta. Jika terdapat nilai yang sama pada batas akhir, maka pertimbangannya dilihat pada jumlah soal terbanyak yang dijawab benar.
  5. Penentuan peserta yang menjadi pemenang adalah 6 peserta dengan nilai tertinggi dengan akumulasi 25% nilai babak semifinal dan 75% babak Final.

 

  1. Teknis Tiap Babak

Babak Penyisihan:

  • Jumlah soal: 40 pilihan ganda
  • Waktu pengerjaan: 120 menit
  • Penilaian:
  • Benar= +3, dan salah = -1

Babak Semifinal

  • Jumlah soal: 20 pilihan ganda dan 10 isian singkat
  • Waktu pengerjaan: 90 menit
  • Penilaian:
  • Untuk soal pilihan ganda: Benar = +3, dan salah = -1
  • Untuk soal isian singkat: Benar = +4, dan salah = -1

Babak Final

  • Jumlah soal: 1 soal psikomotor, 3 soal uraian dan 20 soal cepat tepat
  • Waktu pengerjaan:
  • Psikomotor = 15 menit
  • Uraian = 10 menit
  • Cepat tepat = 60 menit
  • Penilaian
  • Uraian: total nilai = 30
  • Cepat tepat: Benar = +10, dan Salah = -5

 

  1. Hadiah
    1. Juara tingkat SMP/MTs sederajat

Juara I:

  • Piala Bergilir Gubernur Jawa Timur
  • Piala Rektor Universitas Jember
  • Tabanas
  • Piagam penghargaan
  • Bingkisan

Juara II:

  • Piala Bupati Jember
  • Tabanas
  • Piagam Penghargaan
  • Bingkisan

Juara III:

  • Piala Dekan FKIP Universitas Jember
  • Tabanas
  • Piagam Penghargaan
  • Bingkisan

Juara Harapan I, II, dan III

  • Trophy
  • Piagam Penghargaan
  • Bingkisan

Juara  VII, VIII, IX, dan X

 

Juara tingkat SD/MI

Juara I:

  • Piala Bergilir Gubernur Jawa Timur
  • Piala Rektor Universitas Jember
  • Tabanas
  • Piagam penghargaan
  • Bingkisan

Juara II:

  • Piala Bupati Jember
  • Tabanas
  • Piagam Penghargaan
  • Bingkisan

Juara III:

  • Piala Dekan FKIP Universitas Jember
  • Tabanas
  • Piagam Penghargaan
  • Bingkisan

Juara Harapan I, II, dan III

  • Trophy
  • Piagam Penghargaan
  • Bingkisan

Juara  VII, VIII, IX, dan X

  • Trophy
  • Piagam Penghargaan
  • Bingkisan

 

  1. Fasilitas Peserta
  • Peserta Olimpiade Matematika mendapatkan:
    • Sertifikat
    • Konsumsi
    • Stiker
    • Blocknote
    • Bolpoin
    • Kartu tanda peserta (id card)

Catatan : Biaya transportasi dan akomodasi selama kegiatan ditanggung oleh peserta masing-masing.

 

  1. Lain – Lain
    1. Formulir pendaftaran dapat diperbanyak.
    2. Penjualan buku pembelajaran dan CD pembelajaran di mulai sejak awal publikasi
    3. Peserta harus sudah hadir 15 menit sebelum acara di mulai.
    4. Peserta yang terlambat hadir saat kegiatan tidak mendapat tambahan waktu.
    5. Peserta wajib hadir, tidak boleh diwakilkan
    6. Hal-hal lain dapat ditanyakan kepada panitia.
    7. Info lebih lanjut :
  2. Hubungi contact person panitia pendaftaran :
    1. Risma Indah : 085708974920 (Jember)
    2. Indri : 082234234136 (Bondowoso)
    3. I’in : 08998592589 (Situbondo)
    4. Imania Aufi : 082232447769 (Banyuwangi)
    5. Leny : 082244000155 (Lumajang)
    6. Dyah Istamara : 082232253272 (Probolinggo)
    7. Elma : 085746010747 (Pasuruan)
    8. Nala : 081330466496 (Sidoarjo)
    9. Dwita : 0895328438293 (Mojokerto)
  3. Contact person pemesanan buku dan CD pembelajaran :
    1. Marie : 085851877881 (Buku Kumpulan Soal Olimpiade Matematika MSC FKIP UNEJ)
    2. Sunnatun : 085223325217 (Buku Olimpiade Penerbit Erlangga)
    3. Fanny : 087757400214 (CD Pembelajaran)
  4. Info tambahan dapat dilihat di :
    1. website : fkip.unej.ac.id
    2. facebook : Olimpiade Matematika MSC UNEJ
    3. ig : mscunej_jember
    4. email : ommscfkip@gmail.com
    5. line : igp3088f
  • unej1 sister elearning