PEDOMAN PENULISAN SKRIPSI, TESIS DAN DISERTASI UNEJ

Banyak tulisan mahasiswa di Unej yang bagus-bagus dan kritis tetapi terkadang mereka lupa dengan panduan yang telah diterbitkan oleh Universitas Jember. Apakah itu? Ya … itu … gaya selingkung yang berlaku di UNEJ. Marilah kita memanfaatkan pedoman yang telah diberikan kepada kita, yang telah diterbitkan oleh Universitas Jember. Silahkan Anda klik panduan penulisan tugas akhir di sini (drive) jika gagal bosa download di sini (kawanda unej). Semoga bermanfaat.

PKTI 2016 (Pelatihan Karya Tulis Ilmiah)

Puji syukur, MSC kembali sukses menggelar salah satu program kerja dibawah naungan bidang 4, yakni PKTI. PKTI (Pelatihan Karya Tulis Ilmiah) itu salah satu proker yang bertujuan untuk memlogopkti2016beri penyuluhan tentang tata cara penulisanKTI dan mengembangkan ide-ide yang akan dituangkan dalam KTI.

PKTI kali ini bertajuk “Membangun Bangsa dengan Karya, Memikat Dunia dengan Tulisan, dan Menjadikan Generasi Muda Berpola Pikir Kritis Melalui Pelatihan Karya Tulis Ilmiah”.  Acara kali ini dipandu oleh Kak Taufik dan Kak Putri dari angkatan 2015, dengan pematerinya adalah Bapak Hobri, M.Pd, Bapak Susanto dan Tim ECA, salah satu tim yang lolos pada PIMNAS di IPB Bogor.

Meskipun pada acara ini sempat mendapatkan beberapa kendala. Namun panitia mampu mengatasinya sehingga acara dapat berjalan sukses. Selain dibekali dengan tata cara tulis menulis KTI, peserta juga diperkenalkan dengan macam-macam alat peraga matematika. Peserta juga diberi games berupa latihan soal yang harus dipecahkan dengan menggunakan alat peraga tersebut dan kemudian mendapatkan doorprize yang telah disediakan oleh panitia.Hobri

Materi yang diberikan oleh Pak Hobri yaitu tentang kreativitas.
Sebelum Pak Hobri menyajikan materi, beliau memberikan permainan yang edukatif dan bermanfaat, yakni berupa permainan yang memberikan pelajaran bahwa kita harus menempatkan diri sesuai dengan tugas masing-masing.
Sehingga selain bekal berupa ilmu penulisan KTI, peserta juga mendapat ilmu moral yang akan berguna untuk masa depannya kelak.

Setelah materi dari pak Hobri dilanjutkan penyampaian materi oleh bapak Susanto yaitu tentang Metode Kualitatif.Santo

Selain bapak Hobri dan bapak Susanto yang merupakan dosen pendidikan Matematika, pada acara PKTI ini juga diisi oleh pemateri yang juga masih berstatus sebagai mahasiswa pendidikan Matematika. Mereka adalah mahasiswa berprestasi yang mampu menembus PIMNAS dengan salah satu karyanya, yakni ECA. Materi dari tim ECA lebih kepada saling sharing tentang pengalaman dan ilmu yang mereka dapat dari mengikuti lomba KTI. Pada sesi penyampaian materi oleh tim ECA, peserta diminta untuk mengajukan judul-judul KTI yang mereka buat bersama dengan kelompok masing-masing. Dari pengajuan judul-judul tersebut beberapa kelompok mendapatkan penghargaan berupa kelompok teraktif dan kelompok dengan gagasan terbaik. Selamat!

Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional 2016 MSC UNEJ

Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika UNEJ, Mathematics Students Club (MSC) kembali menggelar acara besar dengan skala nasional untuk yang pertama kali. Lomba Karya Tulis Ilmiah yang sebelumnya di selenggarakan pada tingkat Jawa Bali, untuk pertama kalinya pada kepengurusan MSC 2016 mengadakan LKTI tingkat Nasional. Karena acara ini di gelar pada skala nasional otomatis peserta yang mengikuti LKTIN ini dari beberapa daerah yang tersebar di seluruh Nusantara.

Setelah melakukan penyeleksian pada babak penyisihan, dari 50 tim yang mengirimkan karyanya, terpilihlah 10 tim dengan karya tulis terbaik untuk mempresentasikan hasil karya tulisnya di hadapan juri pada Minggu, 26 September kemarin. Dari 10 tim yang lolos terdapat 1 tim yang berasal dari luar Jawa Timur, yakni dari SMA Stella Maris BSD, Tangerang dan 1 tim yang berasal dari luar Jawa, yakni SMAN 12 Bulukumba.

Kesepuluh finalis ini selanjutnya akan melakukan presentasi tentang karya tulis mereka di hadapan para juri. Kemudian, dipilihlah 3 terbaik yang akan di nobatkan menjadi Juara I, Juara II dan Juara III pada LKTIN MSC 2016 kali ini.

Dari hasil penilaian juri, terpilihlah SMKN 1 Jember sebagai Juara I pada LKTIN MSC kali ini dengan judul BERSIHKAN: “BERSIH SAMPAH DI LINGKUNGAN PERAIRAN SEBAGAI GAME EDUKASI PADA SISWA SEKOLAH DASAR”. Tema yang di angkat oleh mereka adalah tentang masalah sosial, yakni berkaitan dengan pesan untuk mengajak menjaga kebersihan yang di implementasikan menjadi game edukasi bagi siswa sekolah dasar. Juara II di raih oleh SMA Santa Maria Surabaya dengan judul “RANCANG BANGUN APLIKASI GEMBUL (GENERASI EDUKASI MANDIRI BERANI UTAK-ATIK LOGIKA) SEBAGAI METODE PEMBELAJARAN MANDIRI BAGI GENERASI Z”. Karya tulis mereka mengangkat tema tentang pembelajaran yang kemudian di implementasikan menjadi suatu aplikasi dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Selanjutnya, Juara III di raih oleh SMAN 12 Bulukumba dengan judul “KEARIFAN LOKAL PINISI SEBAGAI WARISAN BUDAYA MARITIM NUSANTARA DALAM UPAYA PEMBENTUKAN NILAI-NILAI KARAKTER BANGSA”. Karya tulis dari adik-adik ini mengangkat tema tentang kebudayaan masyarakat Sulawesi Selatan.

Tim MSC yang berhasil mewawancarai ketiga pemenang, mengaku sebelumnya tidak terfikirkan bisa mendapat juara 3 besar pada lomba LKTIN 2016 MSC. “Senang dan nggak nyangka karena ini baru pertama kalinya dapat juara. Alhamdulillah”, pungkas salah satu peserta dari SMKN 1 Jember yang berhasil menyabet juara I. Senada dengan peserta dari SMKN 1 Jember, perwakilan dari SMAN 12 Bulukumba juga mengaku tidak menyangka dapat masuk dalam 3 besar terbaik pada lomba kali ini.

Saat kami menanyakan testimoni para finalis tentang acara ini, banyak yang mendukung untuk acara ini tetap di gelar tiap tahun. “Pada LKTI kali ini sudah cukup bagus, mbak. Untuk fasilitas yang diberikan juga sudah cukup baik, mungkin bisa di perbaiki lagi untuk LKTI tahun depan agar bisa lebih baik lagi”, saran salah satu pembina yang berhasil kami wawancarai.

 

 

img_1032

Pelatihan Alat Peraga Pembelajaran Matematika dipandu oleh anggota MSC dari bidang 4

sam_1282

Tim dari SMA Santa Maria sedang melakukan presentasi

img_0976

Tim dari SMKN 1 Jember sedang melakukan presentasi

img_1093

penyerahan hadiah dan bingkisan untuk para finalis

LKTIN MSC 2016

lkti

Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional (LKTIN) yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika “Mathematics Students Club” pada tahun 2016 ini mengangkat tema “Strategi Generasi Muda dalam Mewujudkan Indonesia Mandiri”. Bagi adik-adik yang ingin mengikuti kegiatan ilmiah ini silahkan infokan infomasi ini kepada pembimbingnya. Bagi adik-adik yang berminat dan ingin menggali ide-ide kreatifnya jangan biarkan ide-ide itu hilang. Ada baiknya adik-adik segera menuangkan ide-ide cemerlang itu dalam sebuah tulisan dan menghasilkan karya tulis. Untuk info lebih lengkapnya silahkan klik pada Gambar di atas atau adik-adik juga bisa klik gambar LKTIN 2016 di sidebar samping kiri. Selamat berkreasi dan sukses selalu. Kami tunggu ya …. (R)

Pemenang LKTI 2015

Jember, Minggu 7 Juni 2015 merupakan hari yang menegangkan untuk finalis LKTI 2015 dan yang pasti merupakan hari yang sibuk untuk panitia yang termasuk anggota MSC periode 2014/2015. Berikut daftar pemenang LKTI MSC 2015.

DAFTAR PEMENANG LKTI 2015

No Ketua Kelompok Judul Sekolah Kota Nilai
1 AUDI TOMY RERIYA SAKTI LOCOGREWA (LOW COST AND GREEN WAYANG) SMA AL HIKMAH SURABAYA 2441,8
2 UMIATIN ASHCHABUL JANNAH PEMBERDAYAAN LIMBAH PLASTIK SEBAGAI “MAGIC HONEY HOUSE” GUNA MEMINIMALISASI ENERGI BUMI DAN EFISIENSI LAHAN UNTUK TEMPAT TINGGAL SIAGA KORBAN BENCANA ALAM MENGGUNAKAN KONSEP SARANG LEBAH SMAN 1 TAMAN SIDOARJO 2268,4
3 SUCI UMI IJTIHAD ISNAINI DOLANAN PASARAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN NON FORMAL PADA ANAK USIA DINI SMAN 1 BLULUK LAMINGAN 2268
4 NUGIE RAMADHAN INOVASI PEMANFAATAN DAUN MIMBA (AZADIRACHTA INDICA) SEBAGAI REFILL ELECTRIK PENGUSIR NYAMUK DAN PENGHARUM RUANGAN RAMAH LINGKUNGAN “ZARDIC” DI DESA DEMPEL KECAMATAN MADURAN KABUPATEN LAMONGAN SMAN 2 LAMONGAN LAMONGAN 2262
5 KUALA WIRIDA WENING PEMBUATAN YOGHURT DARI BUAH KEDONDONG MENJADI SOLUSI ALTERNATIF SEBAGAI ANTIOKSIDAN UNTUK MENANGKAL RADIKAL BEBAS SMAN 1 CERME GRESIK 2248
6 ISMAIL MARZUKI PENGEMBANGAN GAME “QUADRATIC ADVENTURE” DALAM MATEMATIKA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLATFORM MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2 PADA SISWA SMK SMKN 1 JEMBER JEMBER 2221

Selamat bagi pemenang dan sampai jumpa di LKTI 2016 tahun depan. Persiapkan lebih dini. 🙂

Foto Kegiatan

lkti1 lkti2 lkti3 lkti4 lkti5 lkti6 lkti7

  • unej1 sister elearning