Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) Tingkat Mahasiswa 2017

Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) Tingkat Mahasiswa 2017

Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika UNEJ, Mathematics Students Club (MSC) kembali mengadakan Lomba Karya Tulis Ilmiah tingkat Nasional yang berbeda dari tahun sebelumnya. LKTIN tahun 2016 merupakan ajang perlombaan siswa-siswi dari SMA di seluruh Indoneia, namun LKTIN pada tahun 2017 ini merupakan ajang perlombaan kreativitas dan inovasi dari mahasiswa di seluruh Indonesia..

Setelah melakukan penyeleksian pada babak penyisihan, dari 16 tim yang telah mengumpulkan KTI, terpilihlah 10 tim yang lolos menuju Grand Final LKTI MSC 2017 atau pelaksanaan presentasi dilaksanakan di Aula Gedung Rektorat lantai 3 Minggu, 5 November 2017.

Pada hari-h sebelum pelaksanaan presentasi terdapat hiburan dari Kresnatama. Kemudian pembacaan tilawatil Qur’an dan dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Dan sambutan terakhir sekaligus membuka acara Lomba Karya Tulis Ilmiah MSC 2017 oleh Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember yaitu Prof. Drs. Dafik, M.Sc., Ph.D.

Kesepuluh finalis ini selanjutnya akan melakukan presentasi tentang karya tulis mereka di hadapan para juri yaitu Dr. Slamet Hariyadi, M.Si. dan Drs. Antonius Cahya Prihandoko, M.App.Sc., Ph.D. Kemudian, dipilihlah juara terbaik yang akan di nobatkan menjadi Juara I, Juara II dan Juara III dan juara harapan  1, 2, dan 3  pada LKTIN MSC 2017 kali ini.

Dari hasil penilaian juri pemenang juara harapan 1, harapan 2 dan harapan 3 yaitu tim dari Universitas Islam Indonesia meraih juara harapan 1 dengan judul karya tulis ilmiah DIVERSIFIKASI OLAHAN PUDING KOMBINASI MENTIMUN, BELIMBING DAN JERUK MANIS DENGAN METODE FOAM-MAT DRYING SEBAGAI UPAYA PREVENTIF DAN TERAPI ADJUVAN PADA PENDERITA HIPERTENSI, tim dari Universitas Gadjah Mada meraih juara harapan 2 dengan judul karya tulis ilmiah MITASIS, MINIATUR TANGAN EDUKASI INFUS YANG MENGUTAMAKAN FLEKSIBILITAS, EFEKTIFITAS DAN AKURASI DALAM PRAKTIK PENGINFUSAN dan tim dari Universitas Gadjah Mada meraih juara harapan 3 dengan judul karya tulis ilmiah THE HOUSE OF LOCAL WISDOM: STRATEGI PENGUATAN PENDIDIKAN NILAI-NILAI BUDAYA ANAK PUTU MACANAN KOMUNITAS HIMPUNAN PENGHAYAT KEPERCAYAAN NALURI PENYADARAN ADIPALA CILACAP.

Juara utama 1, 2, dan 3 diraih oleh tim dari Institut Teknologi Bandung meraih juara 1 dengan judul karya tulis ilmiah PENANGANAN PRA-RUMAH SAKIT TERINTEGRASI IOT UNTUK KORBAN KECELAKAAN LALU LINTAS, tim dari Universitas Airlangga meraih juara 2 dengan judul karya tulis ilmiah RANCANG BANGUN IMAGE RECEPTOR (IR) PROTECTOR SEBAGAI SOLUSI  PENCEGAHAN INFEKSI NOSOKOMIAL, tim dari Universitas Jember meraih juara 3 dengan judul karya tulis ilmiah GASTROINSTETINAL TARGETED DRUG: ENKAPSULASI SENYAWA LUMBRICIN I DAN KURKUMIN PADA TERAPI TIFOID.

Pada waktu hiburan kami menanyakan pendapat tentang LKTIN 2017 pada salah satu tim finalis, mereka berpendapat bahwa acaranya sangat  bagus, persiapannya dari panitia sangat baik dan hal-hal yang kecilpun tidak terlupakan, peserta dibuat nyaman dengan pelayanan yang diberikan panitia, tempat untuk menginap sangat nyaman. Mereka pun berharap dapat mengikuti LKTI tahun depan dan berharap dalam acara grand final LKTI ini tidak hanya acara presentasi mungkin juga diadakan pameran dari hasil karya tulis ilmiah dan mengenalkan kampus Universitas Jember dan sekitarnya.

 

Tim dari Universitas Islam Indonesia sedang melakukan presentasi

Tim dari Universitas Jember sedang melakukan presentasi

Tim dari Institut Teknologi Bandung sedang melakukan presentasi

­­­­

Tim dari Universitas Gadjah Mada sedang melakukan presentasi

Tim dari Universitas Airlangga sedang melakukan presentasi

Suasana saat berlangsungnya acara

PEDOMAN PENULISAN SKRIPSI, TESIS DAN DISERTASI UNEJ

Banyak tulisan mahasiswa di Unej yang bagus-bagus dan kritis tetapi terkadang mereka lupa dengan panduan yang telah diterbitkan oleh Universitas Jember. Apakah itu? Ya … itu … gaya selingkung yang berlaku di UNEJ. Marilah kita memanfaatkan pedoman yang telah diberikan kepada kita, yang telah diterbitkan oleh Universitas Jember. Silahkan Anda klik panduan penulisan tugas akhir di sini (drive) jika gagal bosa download di sini (kawanda unej). Semoga bermanfaat.

PKTI 2016 (Pelatihan Karya Tulis Ilmiah)

PKTI 2016 (Pelatihan Karya Tulis Ilmiah)

Puji syukur, MSC kembali sukses menggelar salah satu program kerja dibawah naungan bidang 4, yakni PKTI. PKTI (Pelatihan Karya Tulis Ilmiah) itu salah satu proker yang bertujuan untuk memlogopkti2016beri penyuluhan tentang tata cara penulisanKTI dan mengembangkan ide-ide yang akan dituangkan dalam KTI.

PKTI kali ini bertajuk “Membangun Bangsa dengan Karya, Memikat Dunia dengan Tulisan, dan Menjadikan Generasi Muda Berpola Pikir Kritis Melalui Pelatihan Karya Tulis Ilmiah”.  Acara kali ini dipandu oleh Kak Taufik dan Kak Putri dari angkatan 2015, dengan pematerinya adalah Bapak Hobri, M.Pd, Bapak Susanto dan Tim ECA, salah satu tim yang lolos pada PIMNAS di IPB Bogor.

Meskipun pada acara ini sempat mendapatkan beberapa kendala. Namun panitia mampu mengatasinya sehingga acara dapat berjalan sukses. Selain dibekali dengan tata cara tulis menulis KTI, peserta juga diperkenalkan dengan macam-macam alat peraga matematika. Peserta juga diberi games berupa latihan soal yang harus dipecahkan dengan menggunakan alat peraga tersebut dan kemudian mendapatkan doorprize yang telah disediakan oleh panitia.Hobri

Materi yang diberikan oleh Pak Hobri yaitu tentang kreativitas.
Sebelum Pak Hobri menyajikan materi, beliau memberikan permainan yang edukatif dan bermanfaat, yakni berupa permainan yang memberikan pelajaran bahwa kita harus menempatkan diri sesuai dengan tugas masing-masing.
Sehingga selain bekal berupa ilmu penulisan KTI, peserta juga mendapat ilmu moral yang akan berguna untuk masa depannya kelak.

Setelah materi dari pak Hobri dilanjutkan penyampaian materi oleh bapak Susanto yaitu tentang Metode Kualitatif.Santo

Selain bapak Hobri dan bapak Susanto yang merupakan dosen pendidikan Matematika, pada acara PKTI ini juga diisi oleh pemateri yang juga masih berstatus sebagai mahasiswa pendidikan Matematika. Mereka adalah mahasiswa berprestasi yang mampu menembus PIMNAS dengan salah satu karyanya, yakni ECA. Materi dari tim ECA lebih kepada saling sharing tentang pengalaman dan ilmu yang mereka dapat dari mengikuti lomba KTI. Pada sesi penyampaian materi oleh tim ECA, peserta diminta untuk mengajukan judul-judul KTI yang mereka buat bersama dengan kelompok masing-masing. Dari pengajuan judul-judul tersebut beberapa kelompok mendapatkan penghargaan berupa kelompok teraktif dan kelompok dengan gagasan terbaik. Selamat!

Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional 2016 MSC UNEJ

Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional 2016 MSC UNEJ

Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika UNEJ, Mathematics Students Club (MSC) kembali menggelar acara besar dengan skala nasional untuk yang pertama kali. Lomba Karya Tulis Ilmiah yang sebelumnya di selenggarakan pada tingkat Jawa Bali, untuk pertama kalinya pada kepengurusan MSC 2016 mengadakan LKTI tingkat Nasional. Karena acara ini di gelar pada skala nasional otomatis peserta yang mengikuti LKTIN ini dari beberapa daerah yang tersebar di seluruh Nusantara.

Setelah melakukan penyeleksian pada babak penyisihan, dari 50 tim yang mengirimkan karyanya, terpilihlah 10 tim dengan karya tulis terbaik untuk mempresentasikan hasil karya tulisnya di hadapan juri pada Minggu, 26 September kemarin. Dari 10 tim yang lolos terdapat 1 tim yang berasal dari luar Jawa Timur, yakni dari SMA Stella Maris BSD, Tangerang dan 1 tim yang berasal dari luar Jawa, yakni SMAN 12 Bulukumba.

Kesepuluh finalis ini selanjutnya akan melakukan presentasi tentang karya tulis mereka di hadapan para juri. Kemudian, dipilihlah 3 terbaik yang akan di nobatkan menjadi Juara I, Juara II dan Juara III pada LKTIN MSC 2016 kali ini.

Dari hasil penilaian juri, terpilihlah SMKN 1 Jember sebagai Juara I pada LKTIN MSC kali ini dengan judul BERSIHKAN: “BERSIH SAMPAH DI LINGKUNGAN PERAIRAN SEBAGAI GAME EDUKASI PADA SISWA SEKOLAH DASAR”. Tema yang di angkat oleh mereka adalah tentang masalah sosial, yakni berkaitan dengan pesan untuk mengajak menjaga kebersihan yang di implementasikan menjadi game edukasi bagi siswa sekolah dasar. Juara II di raih oleh SMA Santa Maria Surabaya dengan judul “RANCANG BANGUN APLIKASI GEMBUL (GENERASI EDUKASI MANDIRI BERANI UTAK-ATIK LOGIKA) SEBAGAI METODE PEMBELAJARAN MANDIRI BAGI GENERASI Z”. Karya tulis mereka mengangkat tema tentang pembelajaran yang kemudian di implementasikan menjadi suatu aplikasi dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Selanjutnya, Juara III di raih oleh SMAN 12 Bulukumba dengan judul “KEARIFAN LOKAL PINISI SEBAGAI WARISAN BUDAYA MARITIM NUSANTARA DALAM UPAYA PEMBENTUKAN NILAI-NILAI KARAKTER BANGSA”. Karya tulis dari adik-adik ini mengangkat tema tentang kebudayaan masyarakat Sulawesi Selatan.

Tim MSC yang berhasil mewawancarai ketiga pemenang, mengaku sebelumnya tidak terfikirkan bisa mendapat juara 3 besar pada lomba LKTIN 2016 MSC. “Senang dan nggak nyangka karena ini baru pertama kalinya dapat juara. Alhamdulillah”, pungkas salah satu peserta dari SMKN 1 Jember yang berhasil menyabet juara I. Senada dengan peserta dari SMKN 1 Jember, perwakilan dari SMAN 12 Bulukumba juga mengaku tidak menyangka dapat masuk dalam 3 besar terbaik pada lomba kali ini.

Saat kami menanyakan testimoni para finalis tentang acara ini, banyak yang mendukung untuk acara ini tetap di gelar tiap tahun. “Pada LKTI kali ini sudah cukup bagus, mbak. Untuk fasilitas yang diberikan juga sudah cukup baik, mungkin bisa di perbaiki lagi untuk LKTI tahun depan agar bisa lebih baik lagi”, saran salah satu pembina yang berhasil kami wawancarai.

 

 

img_1032

Pelatihan Alat Peraga Pembelajaran Matematika dipandu oleh anggota MSC dari bidang 4

sam_1282

Tim dari SMA Santa Maria sedang melakukan presentasi

img_0976

Tim dari SMKN 1 Jember sedang melakukan presentasi

img_1093

penyerahan hadiah dan bingkisan untuk para finalis

LKTIN MSC 2016

LKTIN MSC 2016

lkti

Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional (LKTIN) yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika “Mathematics Students Club” pada tahun 2016 ini mengangkat tema “Strategi Generasi Muda dalam Mewujudkan Indonesia Mandiri”. Bagi adik-adik yang ingin mengikuti kegiatan ilmiah ini silahkan infokan infomasi ini kepada pembimbingnya. Bagi adik-adik yang berminat dan ingin menggali ide-ide kreatifnya jangan biarkan ide-ide itu hilang. Ada baiknya adik-adik segera menuangkan ide-ide cemerlang itu dalam sebuah tulisan dan menghasilkan karya tulis. Untuk info lebih lengkapnya silahkan klik pada Gambar di atas atau adik-adik juga bisa klik gambar LKTIN 2016 di sidebar samping kiri. Selamat berkreasi dan sukses selalu. Kami tunggu ya …. (R)

  • unej1 sister elearning