Pengenalan dan Pengembangan Anggota Baru (P2AB) 2017

Pengenalan dan Pengembangan Anggota Baru (P2AB) 2017

Pengenalan dan Pengembangan Anggota Baru (P2AB) MSC merupakan salah satu program kerja tahunan MSC dibawah naungan bidang 1, yakni Departemen Kaderisasi dan Organisasi. Mengangkat tema “ Membumikan Pendidikan Karakter dengan Semangat Kekeluargaan untuk Menghasilkan Insan yang Berkualitas serta Membentuk Rasa Solidaritas yang Tinggi ”, P2AB bertujuan untuk mengenalkan dan mempercepat adaptasi mahasiswa baru Pendidikan Matematika pada kehidupan kampus khususnya di lingkup Pendidikan Matematika. Sesuai tema yang dipilih panitia, P2AB ini juga akan membentuk pendidikan karakter mahasiswa baru dengan mengenalkannya pada himpunan mahasiswa tercinta kita yaitu Mathematics Students Club (MSC). Selain itu, acara ini juga melatih mental, kedisiplinan, sopan santun terhadap dosen, kreativitas, dan kerja sama antar mahasiswa baru.

P2AB MSC 2017 ini dilaksanakan dalam jangka waktu tiga hari, yaitu Minggu 22 Oktober, Sabtu – Minggu 28-29 Oktober 2017. Tempat pelaksanaan acara adalah Gedung 1 dan Gedung 3 FKIP Universitas Jember.

Pada hari pertama P2AB MSC 2017, dilaksanakan penyampaian materi tentang pengenalan profil program studi Pendidikan Matematika, pengenalan dan pemilihan bidang MSC, IKAHIMATIKA, Program Mahasiswa Wirausaha (PMW), kepemimpinan, serta kearifan lokal.

Hari kedua P2AB MSC 2017 bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda sehingga mahasiswa baru diarahkan ke Lapangan UNEJ untuk mengikuti upacara. Setelah upacara, mahasiswa baru kembali ke tempat acara untuk menerima materi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Acara selanjutnya adalah penampilan showcase nomor undian 1 sampai 5. Setelah jeda sholat dzuhur dan makan siang bersama, penampilan showcase dilanjutkan nomor urut 6 sampai 10.

Acara hari ketiga dibuka oleh senam pagi bersama dan dilanjutkan makan pagi. Kemudian, mahasiswa baru akan melaksanakan outbond dengan rute mengelilingi kampus UNEJ. Masing-masing bidang telah bersiap di pos masing-masing. Keseluruhan ada 6 Pos dengan rincian Pos 1 di Gedung 1 untuk Pengurus, Pos 2 di depan halaman Rektorat untuk Bidang 1, Pos 3 di depan Rusunawi untuk Bidang 2, Pos 4 di parkiran depan Gedung 3 FKIP untuk Bidang 3, Pos 5 di halaman Gedung Lembaga Penelitian untuk Bidang 4, dan Pos 6 di parkiran samping Rektorat/depan Faperta untuk Steering Committe (SC). Pemberangkatan mahasiswa baru untuk mengikuti outbond ini secara satu per satu. Sebelum menuju Pos 6, mahasiswa baru akan diarahkan ke Lapangan UNEJ untuk beberapa games yang mengasah kekompakan dan kerja sama masing-masing kelompok.

Acara inti pada hari ketiga adalah Pelantikan Anggota Baru MSC. Ketua Umum MSC melepaskan pita dan ID Card perwakilan peserta yang kemudian diikuti oleh seluruh peserta. Dilanjutkan dengan penjelasan komisi displin lalu pengenalan budaya ke-4 MSC oleh Pengurus MSC. Selanjutnya, peserta diarahkan untuk sholat maghrib. Kemudian acara P2AB MSC 2017 ini ditutup dengan pemberian penghargaan (award) kepada peserta dan panitia.

Pengenalan dan Pengembangan Anggota Baru (P2AB) 2016 Pendidikan Matematika Universitas Jember

Pengenalan dan Pengembangan Anggota Baru (P2AB) 2016 Pendidikan Matematika Universitas Jember

img_0143Pengenalan dan Pengembangan Anggota Baru (P2AB) MSC merupakan salah satu program kerja MSC dibawah naungan bidang 1, yakni departemen Kaderisasi dan Organisasi yang bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa baru Pendidikan Matematika pada lingkungan kampus, utamanya pada lingkup Pendidikan Matematika Universitas Jember. Selain itu, acara ini juga bertujuan untuk melatih mental dan kedisiplinan mahasiswa baru.

img_0562Pengenalan dan Pengembangan Anggota Baru (P2AB) MSC dilaksanakan dalam jangka waktu tiga hari, dimana hari pertama dan hari kedua dilaksanakan pada minggu yang sama. Dan untuk hari ketiga dilaksanakan pada minggu yang berbeda.

Pada hari pertama Pengenalan dan Pengembangan Anggota Baru (P2AB) MSC, di isi dengan materi tentang pengenalan kehidupan kampus.  Materi meliputi materi tentang program studi Pendidikan Matematika Universitas Jember dan materi tentang keorganisasian.

img_0482img_0522Pada hari kedua Pengenalan dan Pengembangan Anggota Baru (P2AB) MSC, diisi dengan outbond. Acara hari kedua dibuka dengan senam bersama di halaman parkir dosen FKIP Universitas Jember. Setelahnya, mahasiswa baru ini melakukan outbond dengan tujuan mengitari kampus Universitas Jember. Setelah outbond, acara dilanjutkan dengan pemberian materi.

Kemudian, pada hari ketiga, yakni acara pentas seni atau show case oleh mahasiswa baru. Pada hari ini, tiap kelompok dari mahasiswa baru diwajibkan menampilkan penampilan drama terbaiknya. Untuk tema dari dramanya sendiri haruslah berbeda dari tiap kelompok satu dengan kelompok yang lainnya. Acara inti pada hari ketiga adalah pelantikan anggota baru Mathematics Students Club. img_0183Pelantikan ini dilakukan setelah acara pentas seni atau show case selesai. Selanjutnya, acara di lanjutkan dengan ramah tamah oleh pengurus MSC dan Komisi Disiplin. Pada acara ramah tamah ini pula disematkan pemberian predikat mahasiswa dan mahasiswi baru terbaik kepada dua mahasiswa baru, yang dilihat berdasar pada penilaian panitia selama keaktifan peserta dalam acara P2AB ini. Acara Pengenalan dan Pengembangan Anggota Baru (P2AB) MSC ini ditutup dengan pemberian penghargaan dan hadiah kepada kakak-kakak panitia dalam beberapa kategori yang sebelumnya di vote oleh para peserta.

untuk video silahkan klik di sini

P2AB 2015

P2AB 2015

P2AB 2015

Salah satu program kerja bidang 1 (departemen kaderisasi dan organisasi) yang telah dilaksanakan pada kepanitiaan MSC 2014 adalah P2AB. P2AB (Pembinaan dan Pengembangan Anggota Baru) untuk mahasiswa baru pendidikan matematika angkatan 2015 dilaksanakan pada tanggal 19, 20, dan 26 September 2015. Tema P2AB pada tahun ini adalah “Membentuk Mahasiswa yang Berprestasi, Religius, dan Berbudi Pekerti Luhur guna Mewujudkan Pendidikan Berkarakter”. Tak lupa acara ini juga disponsori oleh Darian Catering dan Surabaya’ 45 yang ikut mendukung kelancaran acara ini.

P2AB hari pertama***

Pemeriksaan peserta (Checking peserta) dilaksanakan di halaman depan sebelah kanan gedung dekanat. Checking peserta dilakukan oleh komdis (komisi kedisiplinan) yang bercirikan memakai kerudung hitam(perempuan) dan terdapat pita merah di lengan sebelah kiri. Baik itu pemeriksaan ketepatan waktu hadir peserta, pemeriksaan kelengkapan peralatan yang harus dibawa, dan pemeriksaan kelengkapan peserta setiap kelompok yang hadir maupun yang tidak.

Setelah checking peserta, peserta diarahkan menuju lapangan untuk melaksanakan upacara pembukaan P2AB. Terdapat barisan yang diisi oleh peserta P2AB itu sendiri (yang memakai baju batik), panitia (berjas, berkerudung biru dongker bagi panitia perempuan), Pengurus (beratribut sama seperti komdis), dan si pendamping dibelakang barisan peserta. Selain itu juga dihadiri oleh Dahlan Irawan selaku pembina upacara dan ketua umum MSC memasuki lapangan upacara, ketua BEM FKIP Erfan Prassetyo, dan Bapak Drs. Suharto, M.Kes. selaku ketua program studi Pendidikan Matematika.

Setelah upacara peserta diambil alih oleh Kak Rifa dan Kak Frenza. Selanjutnya peserta diarahkan memasuki ruang kwu untuk sarapan dan materi. Materi hari pertama adalah materi tentang program studi pendidikan matematika yang disampaikan oleh Bapak Harto, materi tentang organisasi IKAHIMATIKA yang disampaikan oleh perwakilan IKAHIMATIKA wilayah V, dan materi dari pengurus MSC. Pada saat materi pengurus, peserta dikenalkan kepengurusan MSC sekalian pemilihan bidang sesuai minat para peserta.***

P2AB hari kedua***

Checking peserta dilaksanakan di halaman depan gedung dekanat sebelah kanan yang dilakukan oleh komdis seperti hari pertama. Setelah checking peserta, peserta diarahkan ke halaman sebelah kiri gedung dekanat untuk melaksanakan apel pagi yang dipimpin oleh ketua umum MSC yaitu Dahlan Irawan. Setelah apel, peserta mengikuti senam pagi untuk pemanasan sebelum melakukan outbond yang dipimpin oleh Novi Safitri dan Sri Wahyu angkatan 2014. Peserta sangat antusias mengikuti senama pagi ini karena musik remix yang asik, sehingga membuat peserta enjoy dan gembira. Setelah mengeluarkan energi, para peserta mengisi energi kembali dengan sarapan di tempat yang sama. Setelah sarapan, peserta mempersiapkan diri untuk mengikuti outbond dan kakak dari sie acara dan sie lapangan memberi pengarahan tentang outbond. Pada pukul 08.00 peserta mulai mengikuti alur outbond dengan baik sampai pukul 12.00. Setelah outbond peserta ganti baju dan ishoma (istirahat, sholat, dan makan). Selanjutnya peserta mendapata materi dari SC, setelah itu peserta pulang ke rumah masing-masing.***

P2AB hari ketiga***

Seperti hari pertama dan kedua, checking peserta di dilaksanakan di halaman depan gedung dekanat sebelah kanan yang dilakukan oleh komdis. Kemudian, peserta menuju ruang KWU untuk sarapan. Selesai sarapan, peserta melakukan persiapan Showcase (pentas seni). Setelah semua peserta siap, Showcase dimulai dari jam 8 sampai jam 12 siang. Selesai showcase peserta ganti baju untuk pelantikan dan ishoma. Pelantikan anggota baru MSC berjalan dengan hikmat. Setelah pelantikan, dilanjutkan dengan ramah tamah oleh komdis, pengurus, panitia, dan peserta.***

DSC01357a DSC01364a DSC01367a DSC01271a DSC01275a DSC01319a DSC01345a DSC01351a DSC01262a DSC01197a DSC01196a DSC01142a DSC01135a DSC01196a DSC01197a DSC01101a DSC01125a DSC01128a DSC01192a DSC01190a DSC01179a DSC01167a DSC01157a DSC01057a DSC01065a DSC01069a DSC01074a DSC01081a DSC01029a DSC01033a DSC01043a DSC01046a DSC01052a DSC01023a DSC01035a DSC01017a DSC01013a DSC01022a DSC01019a

  • unej1 sister elearning