GEMASENA XIV

GEMASENA XIV

“Mahakarya dalam Senandung Cinta”

Seni, memiliki banyak ragam dan unsur yang menarik rasa kagum banyak manusia. Seni merupakan nilai kreasi dan estetika dari pemikiran seseorang. Dengan memunculkan hasil karya yang mampu mencapai rasa bahagia. Apapun dunia yang manusia geluti, maka mereka mempunyai hak besar untuk terjun dalam dunia seni. Karena setiap kegiatan dan setiap apa yang dilakukan merupakan wujud dari sebuah seni.

Mathematics Students Club (MSC) merupakan salah satu himpunan mahasiswa yang mempunyai program kerja di bidang akademik, namun juga tidak mengabaikan bidang seni. MSC mencoba mencari dan melahirkan seniman-seniman dari mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika yang diwujudkan dengan adanya Gelar Malam Seni Mahasiswa Matematika (GEMASENA) XIV 2017. Kegiatan ini diadakan sekaligus sebagai peringatan hari ulang tahun Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Mathematics Students Club (MSC) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember.

Acara GEMASENA XIV yang bertemakan “Mahakarya dalam Senandung Cinta” bertempat di Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Universitas Jember pada Selasa, 23 Mei 2017. Dalam acara ini terdapat rangkaian acara formal dan nonformal. Untuk acara formal dipandu oleh Hendrik Win dan Mutiara dari angkatan 2016 sebagai MC.

Pemutaran video nominasi dan pembacaan nominasi Dosen Ter-ter dan Mahasiswa Ter-inspiratif merupakan salah satu bagian dari acara formal. Pemenang  nominasi Dosen Ter-ramah adalah Bapak Erfan, Dosen Ter-aktif adalah Bapak Randi, Dosen Ter-lucu adalah Bapak Arif, dan Dosen Ter-inspiratif adalah Ibu Susi Setiawani, sedangkan pemenang untuk Mahasiswa Ter-inspiratif adalah  Zahirotul Ula dari angkatan 2014. Kemudian dilanjutkan pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh Dekan dan diserahkan kepada Ketua Panitia didampingi oleh Ketua Umum.

Setelah acara formal selesai, kemudian dilanjutkan dengan acara nonformal. Acara nonformal dipandu oleh Elvin Cahyanita dan M. Hisyam Syauqi dari angkatan 2015 sebagai MC. Acara nonformal berisi penampilan-penampilan dari mahasiswa sekaligus dosen. Penampilan mahasiswa seperti dari Kresnatama yakni menampilkan Tari Tradisional Sri Ganyong dan juga Modern Dance. Sedangkan penampilan dosen yakni oleh Bapak Randi dan Bapak Ervan yang berkolaborasi dengan Kresnamusika membawakan dua buah lagu yang berjudul Itu Aku dan Pejantan Tangguh. Penampilan ini membuat seluruh mahasiswa terkagum-kagum melihatnya. Puncak penampilan pada acara GEMASENA XIV 2017 ini adalah penampilan Sendratari Rama Shinta yang menceritakan tentang Rama Shinta, dengan Maria Faradiba sebagai Shinta dan Moh. Jazim sebagai Rama. Sendratari Rama Shinta berhasil tampil dengan menarik hati para penonton yang melihatnya.

GEMASENA XIII

GEMASENA XIII

29 Mei 2016, menjadi hari spesial bagi Pendidikan Matematika. Pada hari tersebut, MSC merayakan ulang tahun yang ke 34. GEMASENA XIII merupakan suatu rangkaian acara tahunan yang termasuk ke dalam program kerja Bidang II sebagai ajang perayaan Ulang Tahun MSC.

Sebelumnya, jika pada GEMASENA XII mengangkat tema Satu Mimpi dalam Senandung Cinta dengan suguhan utama operet Lutung Kasarung, pada GEMASENA XIII kali ini bertajuk Ketika Cinta Menciptakan Sejarahnya dengan suguhan utama operet Roro Jonggrang.

Selain suguhan utama berupa operet Roro Jonggrang yang di perankan oleh mahasiswa Pendidikan Matematika sendiri, juga banyak penampilan lain, seperti band, tari tradisional dan modern dance yang juga merupakan tampilan dari mahasiswa Pendidikan Matematika. Selain penampilan mahasiswa, ada juga penampilan dosen Pendidikan Matematika, bapak Randi Pratama M., S.Pd., M.Pd yang berduet dengan salah satu alumni, Evi Rahmawati, dan kakak steering committe, Laila Kumara R.

Pada acara GEMASENA XIII kali ini, selain di hadiri oleh warga MSC, dosen dan alumni Pendidikan Matematika juga di buka untuk umum dan beberapa undangan dari UKM yang ada di FKIP Unej dan beberapa HMP dari universitas yang ada di Jember.

Menurut salah satu tamu, Dini yang merupakan mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Jember, acara GEMASENA XIII ini sangat bagus.”Keren sih ya. Apalagi ada penampilan dosennya”, tuturnya saat di tanya bagaimana kesannya tentang acara GEMASENA XIII kali ini.

Nah, selain pentas seni yang bertujuan sebagai tempat bagi para mahasiswa menunjukkan bakatnya, pada acara GEMASENA ini juga memberikan apresiasi kepada dosen dan mahasiswa, berupa penghargaan sebagai dosen terfavorit  dan mahasiswa teladan. Dari beberapa nominasi, melaui angket yang telah di sebar oleh panitia GEMASENA XIII, warga MSC memilih Dr. Susanto, M.Pd sebagai dosen terfavorit dan M. Ali Hasan, mahasiswa dari angkatan 2014 sebagai mahasiswa teladan.

Menurut, Ali (panggilan M. Ali Hasan), ia kaget ketika dirinya masuk dalam nominasi Mahasiswa Teladan, terlebih saat memenangkan nominasi tersebut. Meski kaget, dirinya mengaku senang mendapat penghargaan bergengsi tersebut. “Senang sekali. Cuma nggak nyangka aja sebelumnya.” Sebagai mahasiswa teladan, ia memiliki tips untuk teman-teman sesama mahasiswa dalam mengatur waktu. Menurutnya, waktu di rumah harus di maksimalkan dengan baik untuk belajar. Sebisa mungkin, materi yang belum di ajarkan oleh dosen di pelajari terlebih dahulu. “Kalo di kampus fokus organisasi, kalo di rumah fokus belajar. Belajar otodidak aja,” tutupnya.

IMG_1994 IMG_1906 IMG_2008 IMG_2013IMG_2018 IMG_2022IMG_2033 IMG_2059IMG_2074 IMG_2079IMG_2109 IMG_2121IMG_2136 IMG_2222IMG_2195 IMG_2210IMG_2235 IMG_2236IMG_2246 IMG_2269IMG_2290 IMG_2301IMG_2326 IMG_2360IMG_2372 IMG_2412IMG_2437 IMG_2466IMG_2482 IMG_1936

GEMASENA KE-XII

GEMASENA KE-XII

Jember, Malam puncak perayaan ulang tahun Mathematics Students’ Club (MSC) yang ke 33 dirayakan dengan sangat meriah di gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) pada tanggal 2 Juni 2015. Sungguh luar biasa perjalanan organisasi ini. Sedangkan Gema Sena sebenarnya sudah ada sebelum tahun 2002 (gema sena I), tetapi sejak tahun 2002 saat ketua umum MSC dipegang oleh saudara Heru Kusworo (Pak Heru, Red) dan diketuai oleh saudari Rina (Ketua Gema Sena pertama) dimulai dengan sangat sederhana pada akhirnya, yang mulanya dirancang menggunakan Event Organizer (EO) dari Fakultas Ekonomi untuk mendatangkan Ungu Band dan akhirnya dikarenakan Sponsor Rokok tidak diperkenankan pada tahun itu (2002, red). Berlanjut untuk tahun 2003 untuk mendatangkan band terbaru dari Kota Malang yaitu Flanella pun pupus juga. Dengan berjalannya waktu, gemasena ke XII pada tahun 2015 ini benar-benar membuat penulis terbelalak dan kagum dengan perjuangan dan kerja keras warga MSC. Menurut Bapak Toto’ Bara Setiawan yang membuka acara tersebut mengatakan bahwa “saya kagum dan kaget dengan mahasiswa pendidikan matematika, karena biasanya mengenal angka 0 sampai 9 sekarang sudah mulai mengenal angkan 1-7 (do-re-mi-fa-so-la-si-do)”.  Berikut Hasil jepretan teman-teman Facebook yang penulis ambil dari akun-akun mereka antara lain:

pak toto'

 

 

 

 

 

 

Dosen Favorit 2015 Versi Mahasiswa Pendidikan Matematika

gema 1  
gema2gema 5 
chudingema 10

gemas sena gema 2 

gema 6 gema 7

gema 8 gema 9

 

  • unej1 sister elearning