Gema Islami 2017

Assalamualaikum Wr. Wb.

Hai Akhi dan Ukhti

Pada tanggal 30 April 2017 kemarin, telah berlangsung salah satu program kerja MSC yang bernuansa agama yaitu Gema Islami yang Alhamdulillah dapat terlaksana dengan lancar dan berjalan dengan baik di dalam Ruang 44B 101-102 Gedung I FKIP. Gema Islami kali ini bertemakan

Acara Gema Islami kali ini bertema Menumbuhkan Jiwa Generasi Muda yang Cerdas dan berakhlak Qur’ani. Acara kali ini berbeda dengan tahun lalu, peserta pada acara ini hanya untuk anggota MSC saja. Acara ini dibawakan oleh Nur Indah Sofia dan Rislatul Ba’diyah. Dalam acara ini diadakan lomba tartil dan lomba cerdas cermat antar kelas dari angkatan 2014, 2015, dan  2016 yang menbuat acara ini berjalan dengan khidmat dan makin seru.

Acara ini dimulai pada pukul 07.00 yang di awali dengan pembukaan acara yaitu membaca  Basmalah bersama-sama. Kemudian acara selanjutnya yaitu Tilawatil Qur’an yang dibawakan oleh Ayu Imamatul dan Nurul Auliyah. Setelah itu acara dilanjutkan dengan sambutan-sambutan yang di berikan oleh Eko Wahyu Arya selaku Ketua Panitia, M. Taufiq Hidayat selaku Ketua Umum MSC, serta sambutan oleh Pak Dr. Hobri S.Pd M.Pd. selaku perwakilan dosen Pendidikan Matematika. Kemudian, saat yang ditunggu-tunggu pun akhirnya berlangsung, yaitu lomba tartil.

Lomba tartil ini diikuti oleh 18 peserta yang terdiri dari 6 peserta pada setiap angkatan. Juri pada lomba ini yaitu Pak Dr. Hobri, S.Pd., M.Pd. dan Ust. Suyono. Pada lomba ini terdapat tiga aspek penilaian, yaitu Tajwid, Fashohah, dan Irama. Lomba ini terdiri dari dua babak, yaitu babak penyisihan dan babak penilaian.  Pada babak penyisihan, para peserta akan di panggil oleh MC satu persatu sesuai nomor urut yang telah didapatkan untuk maju kedepan, kemudian peserta akan membaca beberapa ayat suci AL-Qur’an yang telah ditentukan oleh panitia. Peserta diberi waktu 5 menit untuk membaca beberapa ayat suci Al-Qur’an tersebut dengan baik dan benar.

Setelah melalui babak penyisihan, para juri diberi waktu untuk berdiskusi tentang siapa peserta yang akan lolos ke babak final. Sembari menunggu hasil diskusi para juri, para penonton di suguhkan penampilan dari Nasyid band yang terdiri dari M. Yasin Fadillah sebagai gitaris, sedangkan Ayu Imamatul dan Nurul Auliyah sebagai vokalis. Nasyid Band menyanyikan 2 buah lagu religi yang sangat menghibur para penonton. Setelah itu, juri mengumumkan hasil diskusinya yaitu 3 peserta yang lolos menuju babak final untuk memperebutkan juara 1, juara 2, dan juara 3, adalah Muslimatul Faizah, Nur Lailiya, dan Pratika Maharani.

Pada babak selanjutnya, yaitu babak final, peserta yang lolos akan di panggil satu persatu oleh MC untuk maju kedepan, kemudian juri akan menentukan bebrapa ayat Al-Qur’an  yang akan dibaca. Dan hasil dari babak final tersebut adalah Muslimatul Faizah sebagai peraih juara 1 , Pratika Maharani sebagia peraih juara 2, dan Nur Lailiya sebagai peraih juara 3.

Eits,…. acara ini masih belum selesai lo, karena masih ada lomba cerdas cermat. Sebelum menuju pada lomba selanjutnya, para penonton dihibur kembali dengan penampilan Nasyid, penonton pun ikut bernyanyi. Setelah itu, lomba pun dimulai. Pada lomba ini terdapat 9 tim, tiap tim terdiri dari 3 orang. Pada babak penyisihan, peserta lomba dibagi menjadi 3 grup yaitu grup A yang merupakan kelas C 2014,kelas A 2014, dan kelas 2016 A; tim B yang terdiri dari kelas B 2016, kelas A 2014, dan kelas C 2015; sedangkan tim C terdiri dari kelas C 2016 , kelas B 2015, dan kelas B 2014. Pada babak ini, setiap tim akan diberi 10 pertanyaan, dengan waktu menjawab 30 detik untuk setiap pertanyaan. Persaingan pun sangat ketat, skor tiap tim pun perbedaannya sangat tipis bahkan pada grup A terdapat perolehan skor yang sama antara tim A 2016 dengan tim A 2014, sehingga diadakan sesi cepat tepat, yaitu menjawab 1 pertanyaan dengan cepat dan tepat, yang menjawab terlebih dahulu dengan benar maka tim tersebut lolos menuju babak final.

Setelah melalui babak penyisihan, 1 tim telah lolos menuju babak babak final pada tiap grupnya. Grup A yaitu tim A 2014, grup B yaitu tim C 2015, dan grup C yaitu tim C 2016. Pada babak ini terdapat 2 sesi, sesi yang pertama anggota tim berbaris, dan tiap anggota menjawab pertanyaan tanpa berdiskusi, apabila tidak bisa menjawab maka cukup menjawab “pass” maka  pertanyaan akan berganti ke pertanyaan selanjutnya dan pertanyaan yang tidak bisa di jawab akan keluar lagi, anggota yang telah menjawab akan berjalan menuju baris belakang, dan anggota lain maju dan menjawab pertanyaan berikutnya. Waktu yang diberikan untuk menjawab 10 pertanyaan yaitu 10 menit. Sedangkan pada sesi yang kedua, antar tim berebutan menjawab pertanyaan, sehingga setiap tim harus menjawab dengan cepat dan tepat dengan menekan bel yang telah disediakan. Skor dari kedua sesi tersebut nantinya akan diakumulasikan untuk menentukan pemenang pada lomba ini. Suasana saat babak ini sangat ramai, selain ketatnya persaingan dari ketiga tim, para supporter dari tiap pun menambah kehebohan dalam babak ini. Selain karena ingin mendukung tim jagoan masing-masing, untuk supporter terheboh akan mendapatkan bingkisan menarik dari panitia.

Sebelum mengumumkan pemenang pada lomba cerdas cermat kali ini, MC berkeliling dan menanyakan bagaimana kesan dan pesan para peserta lomba selama perlombaan berlangsung. Menurut Tim A 2014, mereka masih kurang persiapan dan mungkin saat ini mengalah dulu dan memberikan kesempatan pada tim lain untuk menang. Sedangkan menurut Tim C 2015, mereka tidak menyangka telah lolos ke babak final. Sedangkan menurut Tim C 2016, mereka bersyukur telah lolos ke babak final dan mereka berharap semoga ilmu yang telah didapat dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kemudia MC berkeliling menuju supporter dan menanyakan bagaimana kesan dan pesan selama lomba berlangsung. Menurut Tim A 2014, lomba kali ini lebih rame dan menyenangkan. Menurut Tim C 2015, supporter kurang bersemangat, kasihan temannya yang sedang berlomba. Menurut Tim C 2016, dalam mengikuti beberapa serangkaian acara ini, semoga dapat menambah wawasan dan dapat bermanfaat nantinya. Kemudian, MC berkeliling menuju panitia dan menanyakan kesan dan pesan sebagai penyelenggara acara ini. Menurut Iqbal Amirullah selaku panitia mengatakan bahwa acara ini bagus. Menurut Putri Aditya selaku panitia mengatakan bahwa semoga tahun depan acara ini diadakan kembali dan menjadi lebih baik lagi, dan tambah kompak. Menurut Luchi, panitia luar biasa semangatnya.

Setelah MC berkeliling, akhirnya waktu yang ditunggu-tunggu telah tiba, yaitu pengumuman juara cerdas cermat. Peraih Juara 1 adalah Tim C 2015, peraih juara 2 adalah Tim C 2016, dan peraih juara 3 adalah Tim A 2014. Kemudian tidak lupa juga pengumuman supporter terheboh dalam acara ini. Dan gelar supporter terheboh diraih oleh angkatan 2016.

Setelah semua hadiah telah diberikan pada tiap pemenang, acara ini ditutup dengan pembacaan doa oleh Alfan Fahmi. Setelah itu, MC pamit undur diri dan sampai bertemu di proker MSC selanjutnya.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

GEMA ISLAMI 2016

Alhamdulillah, Puji Syukur kehadirat Allah SWT karena berkat ridhoNya, kembali salah satu program kerja MSC dapat terlaksana dengan baik. Gema Islami, merupakan program kerja dari bidang 3 berupa acara keagamaan.

Ada yang sedikit unik dari acara Gema Islami pada tahun ini. Setelah pada tahun-tahun sebelumnya, Gema Islami adalah lomba bagi para da’i cilik dan tentunya lomba cerdas cermat, kali ini panitia GI (Gema Islami) berinovasi dan membuat sedikit perubahan yakni dengan membuat acara lomba Tahfidzul Qur’an dan cerdas cermat.

Lomba tahfidzul Qur’an di peruntukkan bagi adik-adik yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar dan berumur 6 tahun sampai dengan 13 tahun. Menurut ketua panitia, tujuan dari acara ini tidak lain adalah sesuai dengan tajuk acaranya, yakni “wujudkan generasi berakhlaq Qur’ani”. Mewujudkan generasi ke depan yang lebih baik adalah tanggung jawab semua elemen, terlebih calon pendidik yang nantinya akan mengemban tugas untuk mendidik serta mewujudkan generasi yang lebih baik. “Dengan menggunakan Al-Qur’an sebagai pedoman dan pegangan dalam kehidupan sehari-hari, nantinya akan mampu membawa bangsa ini menjadi bangsa yang lebih besar dan menjadikan bangsa ini seperti bangsa yang kita inginkan,” tandas Ketua Umum MSC di sela-sela sambutannya.

Acara Gema Islami yang telah di laksanakan pada Minggu, 01 Mei 2015 merupakan program kerja MSC di bidang agama yang pertama kali terealisasikan dengan sangat baik. Lomba tahfidz Qur’an ini memberikan apresiasi yang bagus dan respon positif di kalangan masyarakat, ini terbukti dari banyaknya peserta yang mengikuti lomba. Menurut salah satu wali peserta, yang sempat kami wawancarai, mengungkapkan bahwa acara seperti ini merupakan acara yang sangat bagus karena mewadahi dan mengapresiasi kemampuan anak-anak dalam menghafal Al-Qur’an, yang selama terkesan di lupakan karena semakin majunya zaman. “Acara kali ini sudah berjalan dengan sangat baik. Di pertahankan dan di tingkatkan saja untuk ke depannya,” saran dari wali peserta untuk acara Gema Islami ke depannya.

Penilaian lomba tahfidz Qur’an berdasar pada 3 aspek penilaian, yakni tahfidz Qur’an, Fashohah dan Tajwid. Dari 3 aspek tersebut, tentunya aspek tahfidz Qur’an memiliki nilai yang cukup tinggi. Sedangkan, dari sekitar kurang lebih 70an peserta, di ambil 5 terbaik yang berhak maju ke babak final dan nantinya akan di nobatkan menjadi juara I, II, III dan juara harapan I dan II.

Selain lomba Tahfidz Qur’an bagi adik-adik, panitia juga menyelenggarakan lomba cerdas cermat yang di peruntukkan bagi mahasiswa Pendidikan Matematika angkatan 2013, 2014 dan 2015, dimana dari tiap angkatan mengirimkan 3 tim sebagai delegasi berdasarkan dari kelas yang sudah di tentukan oleh panitia. Acara babak penyisihan lomba cerdas cermat di laksanakan bertepatan dengan acara penyisihan tahfidz Qur’an, di ruang yang berbeda. Dari 9 tim yang bertanding, di ambil 3 terbaik yang berhak maju ke babak final dan mendapatkan juara.

Juara I lomba cerdas cermat kembali di raih oleh angkatan 2013 dari kelas C, setelah sebelumnya kelas ini merupakan kelas yang selalu memenangkan LCC (Lomba Cerdas Cermat) dalam kurun waktu 3 tahun terakhir. Sedangkan untuk juara II dan III di raih oleh angkatan 2015 C dan 2015 B. Poin dari LCC ini di ambil dari akumulasi penilaian babak penyisihan dan babak final.

I

Penyerahan Hadiah oleh bapak Erfan selaku dosen Pendidikan Matematika.

_______________________________________________________________________________

k

Penyerahan Hadiah oleh juri Lomba Tahfidz Gema Islami MSC.

_______________________________________________________________________________

l

Para Juara Lomba Tahfidz Qur’an Gema Islami MSC Unej.

_______________________________________________________________________________

m

Juara I Lomba Tahfidzul Qur’an bersama dengan ayahnya.

_______________________________________________________________________________

p

Penyerahan Hadiah oleh Ketua Panitia kepada Juara III LCC Gema Islami MSC.

_______________________________________________________________________________

q

Penyerahan Hadiah oleh Ketua Bidang 3 MSC kepada Juara II LCC Gema Islami MSC.

_______________________________________________________________________________

s

Penyerahan Hadiah oleh Ketua Umum MSC kepada Juara I LCC Gema Islami MSC.

  • unej1 sister elearning