Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Muharram 1439 H

Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Muharram 1439 H

Bulan Muharram adalah bulan pertama dalam tahun Hijriyah. Pada tahun ini 1 Muharram 1439 H bertepatan pada tanggal 21 September 2017. Muharram merupakan peristiwa yang sangat bersejarah bagi umat muslim, dimana Nabi Muhammad SAW melakukan hijrah dari Makkah ke Madinah atas perintah dan izin Allah SWT dengan tujuan untuk memperbaiki sifat dan sikap umat muslim. Oleh karena itu, peringatan bulan Muharram merupakan salah satu momentum penting bagi setiap muslim karena dapat mengingatkan kita bahwa tahun ini harus lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Tepat pada tanggal 1 oktober 2017, Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Mathematics Students Club (MSC) mengadakan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Muharram dengan tema “Meningkatkan Silaturrahim dan Berbagi bersama di Bulan Muharram”. Dengan serangkaian acara yang terdiri dari acara pembukaan dan acara inti, acara pembukaan yaitu pembacaan asmaul husna, tilawah, dan sambutan-sambutan dan dilanjutkan dengan acara inti yaitu tausiyah, open house, penyerahan bingkisan secara simbolis dari dosen, dan salam-salam. Acara tersebut dihadiri oleh mahasiswa angkatan 2017, undangan yang terdiri dari dosen dan anak yayasan panti asuhan ”At-Tafakur”.Sebelumnya panitia membuka donasi untuk anak panti asuhan.

Melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa tidak hanya mendapatkan ilmu dari materi saja, tetapi juga mampu  menjadikan mahasiswa yang bertanggung jawab dan memiliki solidaritas tinggi  melalui partisipasi mahasiswa pendidikan matematika dalam acara Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Muharram 2017. Penyelenggaraan kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi mahasiswa maupun orang-orang yang membutuhkan khususnya anak yatim/ piatu serta menjadi kesempatan untuk mempererat silaturrahim antar sesama.

Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Ramadhan 1438 H

Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Ramadhan 1438 H

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan ajang dimana setiap orang berlomba-lomba untuk mendapatkan pahala. Kenapa begitu? Karena pahala kebaikan di bulan Ramadhan akan dilipat gandakan, yakni satu kebaikan setara sepuluh kebaikan di bulan lainnya.

Pada momen yang baik ini, Mathematics Students Club (MSC) yang merupakan suatu Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika, mengadakan salah satu kegiatan yang bermanfaat. Kegiatan tersebut, direalisasikan oleh Departemen Kerohanian dari Bidang 3, yaitu Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Ramadhan. PHBI Ramadhan kali ini mengangkat tema “Meningkatkan Kualitas Ibadah dan Mempererat Tali Silaturrahmi bersama MSC” yang diadakan pada hari Kamis, 1 Juni 2017 dan bertempat di ruang 15-16 Gedung 3 FKIP Universitas Jember. Kegiatan tersebut diikuti oleh semua warga MSC.

(Suasana makan bersama yang diikuti peserta)

Apa saja sih rangkaian kegiatan PHBI Ramadhan? Serangkaian kegiatan dalam PHBI Ramadhan ini cukup banyak, diantaranya yaitu khatmil qur’an, tausiyah, buka bersama, sholat isya’, dan tarawih bersama. Banyak bukan kegiatannya? Tapi jangan khawatir, karena kegiatan-kegiatan tersebut selain dapat mempererat tali silaturrahmi, meningkatkan ibadah, juga menambah ilmu pengetahuan seputar agama Islam.

(Suasana makan bersama yang diikuti peserta)

Ternyata warga MSC sangat bersemangat dalam mencari ilmu loh. Kenapa bisa begitu? Itu karena warga MSC yang aktif dan sangat antusias saat sesi tanya jawab. Pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan senang hati dijawab oleh pentausyah PHBI Ramadhan yaitu Ustadz Suyono.

(Foto saat Ustadz Suyono menjawab beberapa pertanyaan dari peserta)

Begitu banyak manfaat dari kegiatan tersebut, beberapa warga MSC yang menuliskan kesan pesan pada selembar kertas mengharapkan adanya keberlanjutan kegiatan tersebut. Dengan adanya PHBI Ramadhan, semua warga MSC dapat berkumpul bersama pada momen Ramadhan dan dapat menambah pengetahuan serta pahala dengan adanya serangkaian kegiatan yang bermanfaat. Sampai bertemu di PHBI Ramadhan selanjutnya, semoga Allah SWT mempertemukan seluruh warga MSC pada Ramadhan di tahun depan, aamiin…

(Foto pemberian bingkisan oleh Bapak Erfan kepada Ustadz Suyono)

  • unej1 sister elearning