Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional 2016 MSC UNEJ

Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika UNEJ, Mathematics Students Club (MSC) kembali menggelar acara besar dengan skala nasional untuk yang pertama kali. Lomba Karya Tulis Ilmiah yang sebelumnya di selenggarakan pada tingkat Jawa Bali, untuk pertama kalinya pada kepengurusan MSC 2016 mengadakan LKTI tingkat Nasional. Karena acara ini di gelar pada skala nasional otomatis peserta yang mengikuti LKTIN ini dari beberapa daerah yang tersebar di seluruh Nusantara.

Setelah melakukan penyeleksian pada babak penyisihan, dari 50 tim yang mengirimkan karyanya, terpilihlah 10 tim dengan karya tulis terbaik untuk mempresentasikan hasil karya tulisnya di hadapan juri pada Minggu, 26 September kemarin. Dari 10 tim yang lolos terdapat 1 tim yang berasal dari luar Jawa Timur, yakni dari SMA Stella Maris BSD, Tangerang dan 1 tim yang berasal dari luar Jawa, yakni SMAN 12 Bulukumba.

Kesepuluh finalis ini selanjutnya akan melakukan presentasi tentang karya tulis mereka di hadapan para juri. Kemudian, dipilihlah 3 terbaik yang akan di nobatkan menjadi Juara I, Juara II dan Juara III pada LKTIN MSC 2016 kali ini.

Dari hasil penilaian juri, terpilihlah SMKN 1 Jember sebagai Juara I pada LKTIN MSC kali ini dengan judul BERSIHKAN: “BERSIH SAMPAH DI LINGKUNGAN PERAIRAN SEBAGAI GAME EDUKASI PADA SISWA SEKOLAH DASAR”. Tema yang di angkat oleh mereka adalah tentang masalah sosial, yakni berkaitan dengan pesan untuk mengajak menjaga kebersihan yang di implementasikan menjadi game edukasi bagi siswa sekolah dasar. Juara II di raih oleh SMA Santa Maria Surabaya dengan judul “RANCANG BANGUN APLIKASI GEMBUL (GENERASI EDUKASI MANDIRI BERANI UTAK-ATIK LOGIKA) SEBAGAI METODE PEMBELAJARAN MANDIRI BAGI GENERASI Z”. Karya tulis mereka mengangkat tema tentang pembelajaran yang kemudian di implementasikan menjadi suatu aplikasi dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Selanjutnya, Juara III di raih oleh SMAN 12 Bulukumba dengan judul “KEARIFAN LOKAL PINISI SEBAGAI WARISAN BUDAYA MARITIM NUSANTARA DALAM UPAYA PEMBENTUKAN NILAI-NILAI KARAKTER BANGSA”. Karya tulis dari adik-adik ini mengangkat tema tentang kebudayaan masyarakat Sulawesi Selatan.

Tim MSC yang berhasil mewawancarai ketiga pemenang, mengaku sebelumnya tidak terfikirkan bisa mendapat juara 3 besar pada lomba LKTIN 2016 MSC. “Senang dan nggak nyangka karena ini baru pertama kalinya dapat juara. Alhamdulillah”, pungkas salah satu peserta dari SMKN 1 Jember yang berhasil menyabet juara I. Senada dengan peserta dari SMKN 1 Jember, perwakilan dari SMAN 12 Bulukumba juga mengaku tidak menyangka dapat masuk dalam 3 besar terbaik pada lomba kali ini.

Saat kami menanyakan testimoni para finalis tentang acara ini, banyak yang mendukung untuk acara ini tetap di gelar tiap tahun. “Pada LKTI kali ini sudah cukup bagus, mbak. Untuk fasilitas yang diberikan juga sudah cukup baik, mungkin bisa di perbaiki lagi untuk LKTI tahun depan agar bisa lebih baik lagi”, saran salah satu pembina yang berhasil kami wawancarai.

 

 

img_1032

Pelatihan Alat Peraga Pembelajaran Matematika dipandu oleh anggota MSC dari bidang 4

sam_1282

Tim dari SMA Santa Maria sedang melakukan presentasi

img_0976

Tim dari SMKN 1 Jember sedang melakukan presentasi

img_1093

penyerahan hadiah dan bingkisan untuk para finalis

Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • unej1 sister elearning