PKTI 2016 (Pelatihan Karya Tulis Ilmiah)

Puji syukur, MSC kembali sukses menggelar salah satu program kerja dibawah naungan bidang 4, yakni PKTI. PKTI (Pelatihan Karya Tulis Ilmiah) itu salah satu proker yang bertujuan untuk memlogopkti2016beri penyuluhan tentang tata cara penulisanKTI dan mengembangkan ide-ide yang akan dituangkan dalam KTI.

PKTI kali ini bertajuk “Membangun Bangsa dengan Karya, Memikat Dunia dengan Tulisan, dan Menjadikan Generasi Muda Berpola Pikir Kritis Melalui Pelatihan Karya Tulis Ilmiah”.  Acara kali ini dipandu oleh Kak Taufik dan Kak Putri dari angkatan 2015, dengan pematerinya adalah Bapak Hobri, M.Pd, Bapak Susanto dan Tim ECA, salah satu tim yang lolos pada PIMNAS di IPB Bogor.

Meskipun pada acara ini sempat mendapatkan beberapa kendala. Namun panitia mampu mengatasinya sehingga acara dapat berjalan sukses. Selain dibekali dengan tata cara tulis menulis KTI, peserta juga diperkenalkan dengan macam-macam alat peraga matematika. Peserta juga diberi games berupa latihan soal yang harus dipecahkan dengan menggunakan alat peraga tersebut dan kemudian mendapatkan doorprize yang telah disediakan oleh panitia.Hobri

Materi yang diberikan oleh Pak Hobri yaitu tentang kreativitas.
Sebelum Pak Hobri menyajikan materi, beliau memberikan permainan yang edukatif dan bermanfaat, yakni berupa permainan yang memberikan pelajaran bahwa kita harus menempatkan diri sesuai dengan tugas masing-masing.
Sehingga selain bekal berupa ilmu penulisan KTI, peserta juga mendapat ilmu moral yang akan berguna untuk masa depannya kelak.

Setelah materi dari pak Hobri dilanjutkan penyampaian materi oleh bapak Susanto yaitu tentang Metode Kualitatif.Santo

Selain bapak Hobri dan bapak Susanto yang merupakan dosen pendidikan Matematika, pada acara PKTI ini juga diisi oleh pemateri yang juga masih berstatus sebagai mahasiswa pendidikan Matematika. Mereka adalah mahasiswa berprestasi yang mampu menembus PIMNAS dengan salah satu karyanya, yakni ECA. Materi dari tim ECA lebih kepada saling sharing tentang pengalaman dan ilmu yang mereka dapat dari mengikuti lomba KTI. Pada sesi penyampaian materi oleh tim ECA, peserta diminta untuk mengajukan judul-judul KTI yang mereka buat bersama dengan kelompok masing-masing. Dari pengajuan judul-judul tersebut beberapa kelompok mendapatkan penghargaan berupa kelompok teraktif dan kelompok dengan gagasan terbaik. Selamat!

Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • unej1 sister elearning