Pengenalan dan Pengembangan Anggota Baru (P2AB) 2017

Pengenalan dan Pengembangan Anggota Baru (P2AB) MSC merupakan salah satu program kerja tahunan MSC dibawah naungan bidang 1, yakni Departemen Kaderisasi dan Organisasi. Mengangkat tema “ Membumikan Pendidikan Karakter dengan Semangat Kekeluargaan untuk Menghasilkan Insan yang Berkualitas serta Membentuk Rasa Solidaritas yang Tinggi ”, P2AB bertujuan untuk mengenalkan dan mempercepat adaptasi mahasiswa baru Pendidikan Matematika pada kehidupan kampus khususnya di lingkup Pendidikan Matematika. Sesuai tema yang dipilih panitia, P2AB ini juga akan membentuk pendidikan karakter mahasiswa baru dengan mengenalkannya pada himpunan mahasiswa tercinta kita yaitu Mathematics Students Club (MSC). Selain itu, acara ini juga melatih mental, kedisiplinan, sopan santun terhadap dosen, kreativitas, dan kerja sama antar mahasiswa baru.

P2AB MSC 2017 ini dilaksanakan dalam jangka waktu tiga hari, yaitu Minggu 22 Oktober, Sabtu – Minggu 28-29 Oktober 2017. Tempat pelaksanaan acara adalah Gedung 1 dan Gedung 3 FKIP Universitas Jember.

Pada hari pertama P2AB MSC 2017, dilaksanakan penyampaian materi tentang pengenalan profil program studi Pendidikan Matematika, pengenalan dan pemilihan bidang MSC, IKAHIMATIKA, Program Mahasiswa Wirausaha (PMW), kepemimpinan, serta kearifan lokal.

Hari kedua P2AB MSC 2017 bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda sehingga mahasiswa baru diarahkan ke Lapangan UNEJ untuk mengikuti upacara. Setelah upacara, mahasiswa baru kembali ke tempat acara untuk menerima materi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Acara selanjutnya adalah penampilan showcase nomor undian 1 sampai 5. Setelah jeda sholat dzuhur dan makan siang bersama, penampilan showcase dilanjutkan nomor urut 6 sampai 10.

Acara hari ketiga dibuka oleh senam pagi bersama dan dilanjutkan makan pagi. Kemudian, mahasiswa baru akan melaksanakan outbond dengan rute mengelilingi kampus UNEJ. Masing-masing bidang telah bersiap di pos masing-masing. Keseluruhan ada 6 Pos dengan rincian Pos 1 di Gedung 1 untuk Pengurus, Pos 2 di depan halaman Rektorat untuk Bidang 1, Pos 3 di depan Rusunawi untuk Bidang 2, Pos 4 di parkiran depan Gedung 3 FKIP untuk Bidang 3, Pos 5 di halaman Gedung Lembaga Penelitian untuk Bidang 4, dan Pos 6 di parkiran samping Rektorat/depan Faperta untuk Steering Committe (SC). Pemberangkatan mahasiswa baru untuk mengikuti outbond ini secara satu per satu. Sebelum menuju Pos 6, mahasiswa baru akan diarahkan ke Lapangan UNEJ untuk beberapa games yang mengasah kekompakan dan kerja sama masing-masing kelompok.

Acara inti pada hari ketiga adalah Pelantikan Anggota Baru MSC. Ketua Umum MSC melepaskan pita dan ID Card perwakilan peserta yang kemudian diikuti oleh seluruh peserta. Dilanjutkan dengan penjelasan komisi displin lalu pengenalan budaya ke-4 MSC oleh Pengurus MSC. Selanjutnya, peserta diarahkan untuk sholat maghrib. Kemudian acara P2AB MSC 2017 ini ditutup dengan pemberian penghargaan (award) kepada peserta dan panitia.

Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • unej1 sister elearning