Detik (Olimpiade Matematika) MSC 21

Bertajuk “Explore Your Intelligence and be a Young Mathematician to Create a Golden Generation”, Detik MSC 21 tingkat SD/MI dan SMP/MTs terlaksana dengan sukses. Pada tahun 2017 ini, Detik MSC 21 digelar serentak di 9 Rayon se-Jawa Timur. Detik MSC 21 menambah 2 rayon baru agar adik-adik peserta dapat lebih mudah menjangkau tempat pelaksanaan babak penyisihan. Woww… Rayon mana saja itu? Yuk cek dulu!

  1. Rayon Jember (tuan rumah pastinya)
  2. Rayon Banyuwangi
  3. Rayon Bondowoso
  4. Rayon Situbondo
  5. Rayon Lumajang
  6. Rayon Probolinggo
  7. Rayon Pasuruan
  8. Rayon Sidoarjo (new)
  9. Rayon Mojokerto (new)

Babak penyisihan Detik MSC 21 dilaksanakan di masing-masing rayon pada Minggu, 10 September 2017. Jumlah peserta keseluruhan mencapai 1.155 orang. Spektakuler bukan? Pada babak penyisihan ini, peserta diberikan soal pilihan ganda dengan waktu pengerjaan 120 menit.

Selanjutnya, pengumuman 100 semifinalis yaitu 50 semifinalis SD/MI dan 50 semifinalis SMP/MTs dapat diakses melalui web matematika dan fanspage Olimpiade Matematika MSC 21 pada tanggal 15 September 2017. Semifinalis tersebut mengikuti babak Semifinal sekaligus Final pada Minggu, 18 September 2017 di Gedung 3 FKIP Universitas Jember. Acara pada hari itu sangat meriah dengan bazar yang berada di taman FKIP. Terdapat 4 stand yang terdiri dari stand alat peraga matematika, stand kedai MSC yang menjual makanan ringan, alat tulis, pin, gantungan kunci, dan es krim Wall‘s, stand buku olimpiade matematika dan CD pembelajaran, serta stand pihak Mayora.

 

Tipe soal pada babak semifinal adalah pilihan ganda dan isian singkat. Sedangkan untuk babak final terdapat 2 sesi yaitu sesi psikomotor uraian dan sesi cepat tepat. Dari 100 semifinalis hanya dipilih 10 finalis SD/MI dan 10 finalis SMP/MTs. Tentunya kemampuan finalis benar-benar terkualifikasi atas keberhasilan mereka dalam bersaing dengan 1000 peserta sebelumnya.

 

Selamat kepada juara-juara tingkat SD/MI yaitu Dandy Rizky Bachtiar dari SDN Tompokersan 3 sebagai juara 1, Aldyto Rafif Abhinaya dari SD Luqman Al Hakim sebagai juara 2, dan Mafazi Ikhwan D. H dari SD Al-Furqon Jember sebagai juara 3. Serta selamat kepada juara-juara tingkat SMP/MTs yaitu Andreas Reynard Samsico dari SMPK Petra 1 Surabaya sebagai juara 1, Steven Adrian G. dari SMPN 1 Banyuwangi sebagai juara 2, dan Ida Ayu Pradwita N. dari SMPN 3 Jember sebagai juara 3.

 

Kakak-kakak juga mengucapkan selamat kepada seluruh peserta Detik MSC 21. Kalian semua hebat. Tahu kenapa? Karena kalian telah berhasil melawan rasa takut dalam diri kalian masing-masing dengan mencoba berkompetisi. Kalian selangkah lebih maju dari orang yang selalu takut untuk mencoba. Ibaratnya, mereka sudah menyatakan kalah sebelum berperang. Tapi kalian punya guru terbaik yang bisa kalian jadikan refleksi diri yaitu pengalaman. Sukses selalu untuk kalian semua. Tetap semangat bermimpi. Dan terus semangat untuk bangkit lalu berjuang mewujudkan mimpi indah kalian…

Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • unej1 sister elearning