Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) Tingkat Mahasiswa 2017

Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika UNEJ, Mathematics Students Club (MSC) kembali mengadakan Lomba Karya Tulis Ilmiah tingkat Nasional yang berbeda dari tahun sebelumnya. LKTIN tahun 2016 merupakan ajang perlombaan siswa-siswi dari SMA di seluruh Indoneia, namun LKTIN pada tahun 2017 ini merupakan ajang perlombaan kreativitas dan inovasi dari mahasiswa di seluruh Indonesia..

Setelah melakukan penyeleksian pada babak penyisihan, dari 16 tim yang telah mengumpulkan KTI, terpilihlah 10 tim yang lolos menuju Grand Final LKTI MSC 2017 atau pelaksanaan presentasi dilaksanakan di Aula Gedung Rektorat lantai 3 Minggu, 5 November 2017.

Pada hari-h sebelum pelaksanaan presentasi terdapat hiburan dari Kresnatama. Kemudian pembacaan tilawatil Qur’an dan dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Dan sambutan terakhir sekaligus membuka acara Lomba Karya Tulis Ilmiah MSC 2017 oleh Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember yaitu Prof. Drs. Dafik, M.Sc., Ph.D.

Kesepuluh finalis ini selanjutnya akan melakukan presentasi tentang karya tulis mereka di hadapan para juri yaitu Dr. Slamet Hariyadi, M.Si. dan Drs. Antonius Cahya Prihandoko, M.App.Sc., Ph.D. Kemudian, dipilihlah juara terbaik yang akan di nobatkan menjadi Juara I, Juara II dan Juara III dan juara harapan  1, 2, dan 3  pada LKTIN MSC 2017 kali ini.

Dari hasil penilaian juri pemenang juara harapan 1, harapan 2 dan harapan 3 yaitu tim dari Universitas Islam Indonesia meraih juara harapan 1 dengan judul karya tulis ilmiah DIVERSIFIKASI OLAHAN PUDING KOMBINASI MENTIMUN, BELIMBING DAN JERUK MANIS DENGAN METODE FOAM-MAT DRYING SEBAGAI UPAYA PREVENTIF DAN TERAPI ADJUVAN PADA PENDERITA HIPERTENSI, tim dari Universitas Gadjah Mada meraih juara harapan 2 dengan judul karya tulis ilmiah MITASIS, MINIATUR TANGAN EDUKASI INFUS YANG MENGUTAMAKAN FLEKSIBILITAS, EFEKTIFITAS DAN AKURASI DALAM PRAKTIK PENGINFUSAN dan tim dari Universitas Gadjah Mada meraih juara harapan 3 dengan judul karya tulis ilmiah THE HOUSE OF LOCAL WISDOM: STRATEGI PENGUATAN PENDIDIKAN NILAI-NILAI BUDAYA ANAK PUTU MACANAN KOMUNITAS HIMPUNAN PENGHAYAT KEPERCAYAAN NALURI PENYADARAN ADIPALA CILACAP.

Juara utama 1, 2, dan 3 diraih oleh tim dari Institut Teknologi Bandung meraih juara 1 dengan judul karya tulis ilmiah PENANGANAN PRA-RUMAH SAKIT TERINTEGRASI IOT UNTUK KORBAN KECELAKAAN LALU LINTAS, tim dari Universitas Airlangga meraih juara 2 dengan judul karya tulis ilmiah RANCANG BANGUN IMAGE RECEPTOR (IR) PROTECTOR SEBAGAI SOLUSI  PENCEGAHAN INFEKSI NOSOKOMIAL, tim dari Universitas Jember meraih juara 3 dengan judul karya tulis ilmiah GASTROINSTETINAL TARGETED DRUG: ENKAPSULASI SENYAWA LUMBRICIN I DAN KURKUMIN PADA TERAPI TIFOID.

Pada waktu hiburan kami menanyakan pendapat tentang LKTIN 2017 pada salah satu tim finalis, mereka berpendapat bahwa acaranya sangat  bagus, persiapannya dari panitia sangat baik dan hal-hal yang kecilpun tidak terlupakan, peserta dibuat nyaman dengan pelayanan yang diberikan panitia, tempat untuk menginap sangat nyaman. Mereka pun berharap dapat mengikuti LKTI tahun depan dan berharap dalam acara grand final LKTI ini tidak hanya acara presentasi mungkin juga diadakan pameran dari hasil karya tulis ilmiah dan mengenalkan kampus Universitas Jember dan sekitarnya.

 

Tim dari Universitas Islam Indonesia sedang melakukan presentasi

Tim dari Universitas Jember sedang melakukan presentasi

Tim dari Institut Teknologi Bandung sedang melakukan presentasi

­­­­

Tim dari Universitas Gadjah Mada sedang melakukan presentasi

Tim dari Universitas Airlangga sedang melakukan presentasi

Suasana saat berlangsungnya acara

Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • unej1 sister elearning