PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

PKMPersaingan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun 2015 sudah berlalu tetapi pada saat ini masih pada tahap kegiatan pengambilan data. Tercatat 142 proposal dari Unej yang didanai oleh Kemenristek yang menurut informasi dari kantor pusat bahwa tahun ini banyak baik dari tahun sebelumnya hanya saja tinggal menunggu pengumpulan laporan dan pengumuman bagi yang berhak melanjutkan kompetisinya ke PIMNAS 2015 di Universitas Haluoleo. Perwakilan dari Pendidikan Matematika Lolos tahap pendanaan berjumlah 4 kelompok. Berikut kelompok yang sudah membuat profil facebook untuk kegiatannya.

Omah Dolen
omah dolen
Komunitas pecinta budaya tradisional berbasis Matematika. Bermain mainan jadul sambil belajar matematika tentunya sangat asik bersama komunitas ini. šŸ˜‰ Ā Tidak hanya mainan tradisional yang ada di omah kami, tapi juga menyediakan buku-buku budaya, buku bacaan anak-anak, dan buku pelajaran.Ā Ada waktu luang? kunjungi kami di kampung tembaan, Jember”Ā 

Itulah sepenggal deskripsi dari profil facebook omah dolen yang sedang berlangsung. Sungguh kreatif sebenarnya Mahasiswa Unej ini, tetapi tanpa kemauan keras biasanya hal yang sederhana ini tidak akan pernah terwujud. Terlihat wajah anak-anak pada foto di atas sungguh ceria, mungkin karena mereka baru mengenal atau baru bertemu lagi dengan permainan yang hampir “punah” ini. Semoga program-program seperti ini akan terus berlanjut untuk tahun-tahun berikutnya.

Fraktal Boxpori

banjir

Salah satu ungkapan di grup facebook untuk fraktal boxpori dari akunĀ Yuli Nur Azizah Anjellcnblue. Banjir di Kabupaten Jember menjadi Ide utama dalam penelitian ini. Berita di atas menggambarkan bahwa masyarakat sering dipusingkan dengan masalah banjir di daerah masing-masing. Di Kabupaten Jember hampir setiap hari turun hujan sehingga dibutuhkan cara bagaimana menanggulangi banjir tersebut. Tetapi hal itu terlalu besar untuk dipikirkan oleh kita (mahasiswa). Berita selanjutnya di posting olehĀ Soleh Chudin.

banjir

Berdasarkan informasi seperti di atas, terpikirkanlah sebuah gagasan untuk mencari solusi berdasarkan pengetahuan yang dimiliki kita sebagai mahasiswa pendidikan matematika. Salah satu cabang dalam ilmu matematika adalah Geometri. Sejak SD-SMA kita mungkin sudah mengenal betul tentang masalah dimensi. Kita pasti sudah mempelajari masalah geometri Euclid. Dimensi pada Geometri Euclid adalah Dimensi 0, 1, 2, dan 3. Sedangkan pada Geometri Fraktal kita mengenal dimensi transisi diantara dimensi-dimensi Euclid itu. Sehingga dalam penelitian ini kami tertarik untuk mendalami masalah tersebut dikaitkan dengan daya serap air.

Masih ada dua kelompok lagi yang belum kita bahas … oleh karena itu ikutilah grup-grup kita di facebook sebagai sarana untuk menambah ilmu dan sambil mengembangkan diri kita sebagai insan yang berkecimpung dalam dunia pendidikan.

Tunggu ya Update Selanjutnya šŸ™‚

 

Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • unej1 sister elearning