VISI, MISI & TUJUAN

Visi Program Studi Pendidikan Matematika
Pada tahun 2020, program studi Pendidikan Matematika yang unggul dalam pengembangan sainteks dan penghasil tenaga pendidik matematika yang berkompeten, berdaya saing global, dan berwawasan lingkungan.

Misi Program Studi Pendidikan Matematika

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan akademik untuk menghasilkan tenaga pendidik matematika yang memiliki kompetensi tinggi dan berwawasan lingkungan, serta memiliki daya saing global.
  2. Melaksanakan penelitian pendidikan matematika dan yang mendukung pendidikan dan pembelajaran matematika untuk menghasilkan inovasi di bidang pendidikan matematika tanpa mengesampingkan wawasan lingkungan.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan matematika dan yang mendukung program bidang pendidikan dan pembelajaran matematika tanpa mengesampingkan wawasan lingkungan.
  4. Mengembangkan sainteks bidang pendidikan matematika dan yang mendukung pengembangan bidang pendidikan dan pembelajaran matematika tanpa mengesampingkan wawasan lingkungan.
  5. Menyebarkan hasil penelitian pendidikan dan pembelajaran matematika di tingkat nasional maupun internasional.
  6. Meningkatkan kualitas sumberdaya manusia pendidikan dan pembelajaran matematika.
  7. Mengembangkan jaringan kerjasama dengan stakeholders dan lembaga lain dalam dan luar negeri di bidang penelitian, pendidikan, dan pembelajaran matematika.

Tujuan Program Studi Pendidikan Matematika

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi kepribadian yaitu memiliki jiwa kebangsaan, cinta tanah air, berperilaku sesuai dengan prinsip dan nilai pancasila.
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi pedagogik yaitu memiliki penguasaan: makna dan wawasan pendidikan; dimensi perkembangan pribadi peserta didik; kemampuan pendekatan perkembangan (psikologi) dalam pembelajaran peserta didik; kemampuan memahami dan mengembangkan dimensi belajar dan pembelajaran matematika; teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pembelajaran matematika; dan asesmen pembelajaran matematika berbasis perkembangan peserta didik.
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi profesional yaitu memiliki penguasaan substansi bidang keahlian matematika dengan disertai pemanfaatan TIK.
  4. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi profesional yaitu memiliki kemampuan melaksanakan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, reflektif, dan menyenangkan.
  5. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi kepribadian yaitu memiliki karakter kuat yang tercermin pada nilai utama karakter jujur, cerdas, tangguh dan peduli.
  6. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sosial dan profesional yaitu memiliki kemampuan dalam berkomunikasi dengan masyarakat menggunakan TIK secara fungsional.

Sasaran dan Pencapaiannya
           Sasaran program studi adalah target yang terukur sebagai indikator tingkat keberhasilan dari tujuan yang telah ditetapkan. Sasaran PS Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jember akan dijadikan prioritas program pengembangan untuk menyelesaikan masalah dalam jangka pendek mulai tahun 2010 sampai dengan tahun 2014. Sasaran dan strategi pencapaian PS Pendidikan Matematika FKIP UNEJ dirumuskan seperti pada Tabel 1.1.

Tabel 1.1. Sasaran Pencapaian Strategitabel 1.1

Strategi Pencapaiannya:

  • Meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilaksanakan dosen dengan menerapkan strategi, pendekatan, model, metode, atau teknik pembelajaran matematika sesuai dengan karakteristik mahasiswa. Misal menerapkan Lesson Study (LS), Problem Solving, Problem Base Learning, Cotextual Teaching and Learning (CTL), pendekatan
  • Meningkatkan IPK lulusan dan mempercepat masa studi dengan memperbaiki kualitas pembelajaran dan manajemen perkuliahan. Misal: (a) kehadiran dalam perkuliahan untuk dosen > 80% dan mahasiswa > 75%; (b) Dosen Penasehat Akademik (DPA) supaya memperhatikan evaluasi 2 semester dan 4 semester melalui SISTER
  • Dosen membuat program payung penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dan meningkatkan intensitas bimbingan skripsi. Misal setiap 2 minggu mahasiswa harus menemui dosen pembimbing skripsi dengan menunjukkan kemajuan.
  • Menghadirkan dosen tamu setidaknya 2 orang setiap tahun dari dalam atau luar negeri.
  • Meningkatkan kompetensi dan daya saing mahasiswa dalam bidang pendidikan matematika, aplikasi matematika, dan kewirausahaan. Misal memberikan pendampingan kepada mahasiswa untuk mengikuti olimpiade, membuat proposal UKM, mengadakan pameran hasil karya.
  • Menyarankan mahasiswa untuk mengikuti bursa kerja dan menyampaikan kepada lulusan apabila ada permintaan tenaga dari instansi yang membutuhkan.
  • Meningkatkan penelitian, pengabdian, dan publikasi ilmiah bertaraf nasional dan internasional, serta berpartisipasi dalam kegiatan yang bertaraf nasional maupun Misal dosen mengikuti pelatihan: (a) pembuatan proposal penelitian dan pengabdian, (b) penulisan artikel ilmiah.
  • Meningkatkan kualitas pembinaan kemahasiswaan dalam bidang bakat, minat, dan kreativitas. Misal memfasilitasi sarana olah raga, kesenian, bakti sosial, donor darah, penyaluran bantuan, penanggulangan bencana alam.
  • Meningkatkan kualitas layanan pendidikan akademik dan laboratorium pendukung pembelajaran berbasis TIK sesuai dengan SNPT. Misal menyediakan sarana TI berupa jaringan koneksi internet, lab alat peraga.
  • Meningkatkan kualitas layanan dalam bidang administrasi akademik, kemahasiswaan dan kearsipan dengan POS (prosedur operasional standar) yang transparan dan akuntabel.

Mewujudkan lingkungan kerja yang tertib, bersih, indah, aman dan nyaman. Menyediakan tempat sampah, gasibu untuk belajar kelompok/berdiskusi, kotak saran,

Implementasi Visi, Misi dan Tujuan Program Studi Pendidikan Matematika
Untuk menjadi pendidik, para pendidik harus sadar atas kemengapaan dari setiap tindakan untuk tujuan capaian hasil belajar wilayah: cipta, rasa, karsa, karya (Ki Hajar Dewantara); kognitif, afektif, psikomotor (Bloom); learning to know, learning to do, learning to live together, learning to be (Delors); kecerdasan numerik, spasial, intra personal, interpersonal, kinestetik.

Comments are closed.

  • unej1 sister elearning