Beberapa pekan yang lalu kita sudah membahas program kerja MSC yang sudah dilaksanakan, kali ini kita akan kembali membahas lagi tentang program kerja MSC khususnya bidang 3 yang berkaitan dengan bakat dan minat. Pengertian dari minat dan bakat sendiri, minat adalah ketertarikan, dorongan atau keinginan kepada suatu hal yang timbul dari dalam diri seseorang itu sendiri, sedangkan bakat adalah keahlian atau kemampuan yang dimiliki seseorang untuk menghasilkan sesuatu.  Pengembangan minat dan bakat bagi mahasiswa di lingkungan kampus adalah hal penting yang harus dibangun dan ditanamkan sedini mungkin untuk meningkatkan peran mahasiswa sebagai agent of change di semua bidang. Guna mewujudkan hal tersebut kami memiliki salah satu program kerja MSC khususnya bidang 3 yang berguna untuk mengasah minat dan bakat mahasiswa di bidang keagamaan.

Program kerja bidang 3 ini yaitu slami, kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 12 Juni 2021 yang berlangsung mulai pukul 08.00-11.00 WIB. GEMA Islami ini adalah program kerja bidang 3 yang dilaksanakan secara rutin yang bertujuan untuk mengasah minat dan bakat mahasiswa antarangkatan di bidang keagamaan. Acara ini bertujuan untuk menyaring bibit-bibit unggul mahasiswa yang berbakat khususnya di bidang keagamaan selain itu diharapkan agar mahasiswa tidak hanya berbakat di bidang akademik saja namun juga berbakat di bidang non akademik.

Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan mahasiswa setiap angkatan yaitu angkatan 2018, 2019, dan 2020 dan juga beberapa dosen Pendidikan Matematika. Susunan acara pada Gema Islami ini diawali dengan ‘Pembukaan’ pada pukul 08.00-08.05 WIB yang dibawakan oleh Gita Adelia Pratiwi selaku MC. Acara selanjutnya adalah ‘Tilawah’ mulai pukul 08.05-08.15 WIB yang bertugas membaca tilawah ialah Laela Nur Aini dan Fitriyatul Mardiyah. Setelah itu pada pukul 08.15-08.23 WIB ‘Menyanyikan Lagu Indonesia Raya’ yang diikuti oleh seluruh peserta GEMA Islami. Lalu pada pukul 08.23-08.58 WIB dilanjutkan dengan ‘Sambutan – Sambutan’, sambutan yang pertama disampaikan oleh Dimas Agung Prasetyo selaku ketua panitia. Lalu sambutan yang kedua disampaikan oleh Muhammad Chaizul Chaqqil M. selaku ketua (MSC). Sambutan yang ketiga disampaikan oleh Mohammad Hidayatullah selaku perwakilan BEM FKIP Universitas Jember. Lalu sambutan yang ketiga disampaikan oleh Bapak Saddam Hussen, S.Pd., M.Pd selaku Pembina bidang 3 sekaligus perwakilan juri. Dan sambutan yang terakhir disampaikan oleh Ibu Susi Setiawani, S.Si., M.Sc. selaku Ketua Prodi Pendidikan Matematika. Setelah acara sambutan – sambutan selesai kemudian dilanjutkan dengan ‘Pengumuman Juara’, pengumuman juara di setiap cabangnya dibacakan oleh Dimas Agung Prasetyo selaku ketua panitia GEMA Islami untuk cabang lomba Kaligrafi, Muhammad Chaizul Chaqqil M. selaku ketua Mathematics Student Club untuk cabang lomba Tilawah, Bapak Dr. Hobri, M.Pd. selaku perwakilan dosen Pendidikan Matematika untuk cabang lomba Dai, dan Bapak Saddam Hussen, S.Pd., M.Pd selaku Pembina bidang 3 untuk cabang lomba Cover Shalawat. Lalu acara yang terakhir ialah ‘Pembacaan Doa’ pada pukul 09.2009.25 WIB yang dipimpin oleh Risal selaku panitia yang bertugas. Kemudian dilanjutkan dengan ‘Penutupan’.