Pada hari sabtu, 28 november 2020 terdapat acara di lingkungan Universitas Jember, khusunya dari Program Studi Pendidikan Matematika. Acara ini diselenggarakan oleh MSC (Mathematics Student Club). Karena acara ini terjadi di tengah pandemi Covid’19 maka acara tersebut diselenggarakan secara  virtual dengan aplikasi zoom. Acara tersebut yaitu LKTIN SPEAR (Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Scientific Paper in Competition) yang dinaungi dari Bidang 4 departemen Penelitian dan Pengembangan MSC.

Acara tersebut diketuai oleh Uways Alqorni dan dikuti oleh banyak kalangan mahasiswa di seluruh Indonesia. Banyak sekali karya-karya ilmiah yang sudah terkumpul hingga juripun sangat sulit untuk memberikan penilaian untuk siapa yang menjadi juara 1 dan juara 2, namun berdasarkan hasil presentasi pada hari-H didapatkan pemenang, yaitu :

Juara pertama diraih oleh nomor urut 8 dari Universitas Diponegoro dengan judul “MAS KUMIS : Pengembangan Masker Antibakteri Biodegradable Berbasis Lidah Mertua, Arang Tongkol Jagung, dan Kayu Manis sebagai Inovasi Pencegahan Covid-19” dan berhasil memperoleh poin 86,5.

Juara kedua diraih oleh nomor urut 9 dari Universitas Gadjah Mada dengan judul “Sistem Informasi Berbasis Blockchain untuk Meningkatkan Efisiensi Distribusi APD sebagai Inovasi Menghadapi Pandemi Covid-19” dengan poin 85,5.

Juara ketiga diraih oleh nomor urut 6 dari Universitas Jember dengan judul “ Potensi Antioksidan SULE (Soursop Leaf Herbs) Herbal Daun Sirsak (Annona muricata Linn) sebagai Penanggulangan Hipertensi di Pakusari Jember dengan Memperhatikan Q.S Asy Syuara Ayat 7- 8” dengan poin 82,5.

Ternyata salah satu juara berasal dari tuan rumah sendiri yaitu dari Universitas Jember Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Jurusan Biologi. Hal ini juga membuktikan bahwa Universitas Jember juga mampu bersaing dengan Universitas-Universitas lainnya. Rangkaian acara LKTIN dimulai pada pukul 07.47 WIB dengan diawali oleh sambutan-sambutan, pembacaan peraturan, dan presentasi oleh finalis, kemudian diakhiri dengan pengumuman pemenang. Meskipun diselenggarakan secara virtual tapi kita mampu membuktikan bahwa kita masih produktif sebagai mahasiswa ditengah pandemi Covid’19.

Salam mahasiswa!!