SPEAR MSC 2019

Dewasa ini, gencar sekali digaungkan misi internasional yang dicanangkan oleh PBB dan dikenal dengan SDGs (Sustainable Development Goals) 2030. SDGs 2030 merupakan kelanjutan dari misi PBB sebelumnya yakni MDGs yang berakhir pada tahun 2015. PBB membentuk SDGs 2030 dengan tujuan tidak lain untuk pembangunan berkelanjutan dari berbagai aspek yang diharapkan mampu menjamin masa depan dunia menjadi lebih baik. Implementasi SDGs di Indonesia difokuskan pada aspek ekonomi, sosial budaya, lingkungan, pendidikan, dan kesehatan masyarakat. Generasi muda khususnya mahasiswa diharapkan mampu menjadi solution agent untuk segala permasalahan yang terjadi di Indonesia terutama di lingkungan sekitarnya. Oleh sebab itu mahasiswa harus mampu memberikan solusi inovatif melalui pola pikir kritis, logis, dan dinamis. Solusi inovatif tersebut dapat dituangkan ke dalam karya tulis ilmiah yang diharapkan mampu menampung semua aspirasi mereka dengan kajian mendalam terlebih dahulu mengenai permasalahan yang ada sesuai dengan koridor keilmuan dan disertai bukti yang aktual dan logis. Karya tulis ilmiah yang dihasilkan tidak hanya bermanfaat bagi perguruan tinggi tertentu tetapi juga bagi Indonesia. Mahasiswa dapat mengetahui peranan mereka dalam kemajuan Indonesia serta mampu menjalankan peran tersebut dengan baik demi terwujudnya Sustainable Development Goals (SDGs) 2030.

Dari potret permasalahan tersebut, Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Mathematics Students Club (MSC) mengadakan kegiatan Lomba Karya Tulis Ilimiah (LKTI) Mahasiswa tingkat Nasional dengan sebutan SPEAR MSC 2019 dengan tema “Langkah Inovasi Generasi Muda dalam Menghadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0 Menuju Indonesia Substainable Development Goals 2030” dengan sub tema pendidikan, kesehatan, pangan, lingkungan, IPTEK, ekonomi, dan social budaya.

Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) tingkat nasional 2019 tersusun atas serangkaian kegiatan menuju hari pelaksanaan.         Grand final Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) tingkat nasional 2019 dilaksanakan di Gedung Mas Soerachman pada tanggal 3 November 2019. Acara inti yakni presentasi 10 tim finalis Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) tingkat nasional 2019. Pemenang lomba ini yakni, Juara 1 Arma Yoga Putra, Juara 2 Ocha Pradina Meitha Herina, Juara 3 Shopi Sandrina, Juara 4 Dimas Pandu Winata, Juara 5 Prasetyo Ardiansyah, Juara 6 Serlinda Linda, Juara 7 Tri Lestari, Juara 8 M. Dhiyaulkhaq, Juara 9 Hanik Nurul Q.M, dan Juara 10 Rivanul Luqman.

Hadiah yang didapatkan pemenang, yaitu Juara 1: Rp 3.000.000, Trofi, Sertifikat, dan Merchandise, Juara 2: Rp 2.000.000, Trofi, Sertifikat, dan Merchandise, Juara 3: Rp 1.000.000, Trofi, Sertifikat, dan Merchandise, Harapan 1: Tropi, Sertifikat, dan Merchandise, Harapan 2: Tropi, Sertifikat, dan Merchandise, Harapan 3: Tropi, Sertifikat dan Merchandise, Penyaji terbaik: Tropi, Sertifikat, dan Merchandise.

Penyelenggaraan kegiatan ini bermaksud agar mahasiswa dapat mempublikasikan pemikiran kritis, logis, dan dinamis terkait permasalahan yang ada di lingkungan sekitar. Selain itu kegiatan ini diharapkan mampu memantapkan peran mahasiswa dalam kemajuan Indonesia demi terwujudnya SDGs 2030.