LKTIN SPEAR MSC 2021

Pada hari sabtu dan minggu, 6-7 November 2021  terdapat acara di lingkungan Universitas Jember, khususnya dari Program Studi Pendidikan Matematika. Acara ini diselenggarakan oleh Mathematics Student Club (MSC). Acara tersebut yaitu LKTIN SPEAR MSC atau Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional yang dinaungi oleh Bidang 4 Departemen Penelitian dan Pengembangan Mathematics Student Club(MSC). Karena acara ini terjadi di tengah pandemi Covid-19 maka acara tersebut diselenggarakan secara  virtual dengan aplikasi zoom.
Acara tersebut diketuai oleh Lintang Aini Pambayun Mulyono dan dikuti oleh banyak kalangan mahasiswa di seluruh Indonesia. Banyak sekali karya-karya ilmiah yang sudah terkumpul hingga juri pun sangat sulit untuk memberikan penilaian untuk siapa yang menjadi juara 1 dan juara 2, namun berdasarkan hasil presentasi pada hari-H didapatkan pemenang, yaitu :
Juara pertama diraih oleh nomor urut 7 dari Universitas Sumatera Utara dengan judul “RAMER-KIT: Potensi Rapid Alzheimer Kit sebagai Skrining Awal Penyakit Alzheimer Berbasis Algoritma Tes Cepat”
Juara kedua diraih oleh nomor urut 10 dari Universitas Gajah Mada dengan judul “PANIL: Aplikasi Pemindai Relief Candi untuk Pendamping Pariwisata Cagar Budaya Candi pada Masa Pandemi dan Pasca Pandemi Covid-19”
Juara ketiga dirain oleh nomor urut 1 dari Universitas Jember dengan judul “VACUD (Vacum Ultrasound Dryer): Alat Pengering Porang Dengan Ultrasound sebagai Peningkatan Kualitas Program di Madiun”
Ternyata salah satu juara berasal dari tuan rumah sendiri. Hal ini juga membuktikan bahwa Universitas Jember juga mampu bersaing dengan Universitas-universitas lainnya. Rangkaian acara LKTIN dimulai pada sabtu, 6 November 2021 dengan diawali oleh sambutan-sambutan, pembacaan peraturan, dan presentasi oleh finalis, kemudian pada minggu, 7 November 2021 dilanjutkan dengan webinar dan diakhiri dengan pengumuman pemenang. Meskipun diselenggarakan secara virtual tapi kita mampu membuktikan bahwa kita masih produktif sebagai mahasiswa ditengah pandemi Covid-19.

Translate »