Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) 2022

Bulan Ramadhan adalah bulan suci yang paling dinantikan oleh umat Islam di seluruh dunia. Pada bulan ini, semua umat Muslim diwajibkan untuk berpuasa selama sebulan penuh. Melalui program kerja bidang III, Mathematics Students Club (MSC) mengadakan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) di bulan suci Ramadhan. Tema kali ini adalah “Menyucikan Hati, Menjalin Silaturahmi di Bulan yang Suci guna Mewujudkan Generasi MSC yang Mutsaqqoful Fikri.” Kegiatan ini dilaksanakan secara semi-online, dimana panitia dan delegasi tiap angkatan mengikuti acara secara offline, sedangkan untuk peserta dan dosen mengikuti acara secara online melalui aplikasi Zoom.

Acara Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) tahun 2022 berlangsung dari pukul 12.50 WIB hingga pukul 16.10 WIB dengan susunan acaranya, yaitu:

  1. Hadrah
  2. Pembukaan
  3. Tilawah dan Sari Tilawah
  4. Sambutan oleh Ketua Pelaksana, Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Mathematics Students Club (MSC), Pembina Bidang III Mathematics Students Club (MSC), serta Koordinator Program Studi Pendidikan Matematika.
  5. Hadrah
  6. Tausiah
  7. Tanya Jawab
  8. Kuis
  9. Khataman Bersama
  10. Penutup

 

Acara ini dimulai dengan hadrah dan dipimpin oleh saudari Yulia Julaika Niswati selaku Master of Ceremony (MC). Dilanjutkan dengan pembacaan tilawah dan sari tilawah oleh saudari Khilda Azizatur Rohmah dan Dian Nur Latifa Septiana serta sambutan oleh saudara Falih Helmi Wibisono Putra selaku Ketua Panitia PHBI, saudara Arif Pujiyanto selaku Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Mathematics Students Club (MSC), Bapak Saddam Hussen, S.Pd., M.Pd. selaku Pembina Bidang III, dan Ibu Susi Setiawani, S.Si., M.Sc. selaku Koordinator Program Studi Pendidikan Matematika yang sekaligus membuka acara ini.

Setelah itu, acara diisi dengan penampilan hadrah dan tausiah. Kali ini, materi tausiah dibawakan oleh Bapak Dr. Susanto, M.Pd. Dalam tausiahnya, salah satu pesan beliau yang berkesan, yaitu:

“Segala sesuatu sudah ada yang mengatur baik itu rezeki, jodoh, maupun masa depan. Jadi, kita sebagai manusia hanya tinggal menjalani apa yang sudah ditakdirkan oleh Allah SWT kepada kita.”

 

Setelah sesi tausiah, mahasiswa, baik yang datang secara offline maupun online, diberi kesempatan untuk bertanya dan akan langsung dijawab oleh pemberi tausiah. Selanjutnya, seluruh mahasiswa dapat mengikuti kuis yang telah disiapkan oleh panitia. Kuis ini berisi 20 soal pilihan ganda seputar Bulan Ramadhan dan dapat diakses melalui link yang dibagikan oleh panitia melalui chat Zoom. Seluruh partisipan Zoom dapat melihat skor kuis melalui hasil share screen oleh panitia pada layar Zoom masing-masing. Adapun skor tertinggi diraih oleh saudari Gita Adella Pratiwi dari angkatan 20.

Terakhir, yaitu khataman bersama dari surah Ad-Dhuha hingga An-Naas dan Doa Khotmil Qur’an yang dipimpin oleh saudara Septiniar Anas Hasan dan ditutup oleh MC. Dengan terselenggaranya acara ini, semoga dapat menambah ilmu dan keimanan warga Mathematics Students Club (MSC) serta menambah semangat dalam menjalankan ibadah puasa.

Translate »