VISI, MISI & TUJUAN

Visi  Prodi S1 Pendidikan Matematika

Program studi unggul dalam saintek dan penghasil tenaga pendidik matematika yang memenuhi dan/atau melampaui SNDIKTI dan SPG serta menjadi rujukan dalam tridarma pendidikan tinggi bidang pendidikan matematika yang berwawasan lingkungan.

Misi Prodi S1 Pendidikan Matematika

Berikut ini misi Program Studi S1 Pendidikan Matematika yang diturunkan dari visi.

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan dan model pembelajaran yang efektif dan memanfaatkan teknologi;
  2. Menyelenggarakan penelitian pendidikan matematika yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan kesejahteraan masyarakat;
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat melalui penerapan pendidikan matematika yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat.
  4. Mengembangkan jaringan kerjasama dengan lembaga/institusi dalam dan luar negeri dibidang tridarma
  5. Mengembangkan rasa tanggung-jawab, kepercayaan diri, kematangan emosi, etika, dan kepribadian sebagai pembelajar sepanjang hayat (lifelong learner).

Tujuan atau Profil Profesional Mandiri (PPM)

Profil Profesional Mandiri (PPM) adalah deskripsi tentang karakter, sikap, pengetahuan dan ketrampilan lulusan yang diharapkan berkembang selama menempuh studinya dalam rangka membekali lulusan tersebut untuk studi lanjut atau pekerjaannya. Profil lulusan memberikan fondasi atribut tingkat kualifikasi lulusan. Adapun Profil Profesional Mandiri (PPM) Prodi Pendidikan Matematika telah disesuaikan dengan level KKNI.

Nomor Profil Profesional Mandiri (PPM)
1 Mampu membelajarkan matematika pada pendidikan dasar, menengah dan lembaga lainnya (KKNI 1 dan 2)
2 Mampu melanjutkan studi pada bidang pendidikan profesi guru matematika, pendidikan matematika maupun bidang lain yang terkait (KKNI 2, 3 dan 4).
3 Mampu mengikuti perkembangan bidang pendidikan, media pembelajaran, dan pembelajaran matematika yang mengasah TPACK melalui penelitian  berwawasan Lingkungan (KKNI 1 dan 3).
4 Mampu mengelaborasi matematika dalam permasalahan yang termuat dalam STEAM untuk menyelesaikan permasalahan nyata
5 Mempunyai rasa tanggung-jawab, kepercayaan diri, kematangan emosi, etika dan kepribadian sebagai pembelajar sepanjang hayat (lifelong learner) (KKNI 4).

Nilai-nilai Universitas

Cita cita institusi yaitu Karya Rinaras Ambuka Budi Gapura Mangesthi Aruming Bawana yang artinya tekad Universitas Jember untuk menata diri selalu bekerja selaras, serasi dan seimbang yang dilandasi iman dan taqwa untuk menerima dan mengembangkan iptek, menghasilkan sarjana yang sujana sebagai manusia seutuhnya yang pengabdiannya selalu membawa keharuman bangsa dan negara, kemakmuran, kesejahteraan, dan perdamaian umat manusia.

Motto Universitas Jember adalah : “Tradition of Excellent

Translate »